MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 MAJALENGKA

FAJAR MUJAHID KHOAS, (2025) MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.

[img] Text
2108109022_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108109022_2_bab1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
2108109022_6_bab5.pdf

Download (218kB)
[img] Text
2108109022_7_dafpus.pdf

Download (248kB)

Abstract

Efektivitas peran kepala madrasah sangat menentukan peningkatan mutu pendidikan di satuan pendidikan, khususnya di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Majalengka. Berbagai tantangan seperti kurangnya sarana dan prasarana, lemahnya pengawasan terhadap aktivitas siswa, dan rendahnya dukungan pemerintah terhadap kepala madrasah. Untuk dapat menghadapi tantangan tersebut, kepala madrasah dituntut untuk memiliki kemampuan manajerial yang mencakup aspek teknis, interpersonal, dan konseptual. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara kepala madrasah merencanakan perencanaan, melaksanakan program, dan melakukan evaluasi guna meningkatkan mutu dan peringkat madrasah. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang strategi manajerial kepala madrasah. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa kepala madrasah memiliki peran krusial dalam merancang rencana strategi yang melibatkan semua elemen madrasah, termasuk guru, tenaga kependidikan, dan komite. Dalam pelaksanaan program peningkatan mutu, kepala madrasah secara aktif mengarahkan, mengoordinasikan, dan memotivasi warga madrasah untuk terlibat. Secara berkala, evaluasi dilakukan untuk menilai pencapaian program dan menentukan strategi perbaikan. Walaupun ada keterbatasan, kepala madrasah dapat menjalin kerja sama yang baik dengan semua pihak, sehingga memberikan dampak positif bagi peningkatan mutu madrasah secara keseluruhan. Kesimpulan Meski menghadapi keterbatasan, kemampuan manajerial kepala madrasah memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Majalengka melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program secara efektif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kepala, Kepemimpinan, Mutu,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:26
Last Modified: 15 Aug 2025 07:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17068

Actions (login required)

View Item View Item