Analisis Yuridis Manajemen Pemasaran Pada Home Industry Opak Ketan Bakar 2d Di Mandirancan

Erika Nadia Elvani, (2021) Analisis Yuridis Manajemen Pemasaran Pada Home Industry Opak Ketan Bakar 2d Di Mandirancan. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Erika Nadia Elvani. NIM: 1708202020, “ANALISIS YURIDIS MANAJEMEN PEMASARAN PADA HOME INDUSTRY OPAK KETAN BAKAR 2D DI MANDIRANCAN”, 2021. Industri merupakan kegiatan ekonomi yang mengelola bahan mentah menjadi bahan baku, bahan setengah jadi, dan/atau barang jadi, menjadi barang yang bermutu tinggi dalam penggunaannya, termasuk perekayasaan industri. Salah satu jenis dari industri yang sedang marak yaitu industri rumah tangga (home industry). Dalam menjalankan usahanya, industri rumah tangga perlu melakukan fungsi pemasaran untuk menambah jumlah pendapatan. Industri rumah tangga Opak Ketan Bakar 2D telah berdiri sejak lama, tetapi minim pendapatan, karena belum mumpuni dalam penggunaan teknologi kekinian, dan kompetisi yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik pemasaran, efektivitas, dan Efisiensi teknik pemasaran di industri rumah tangga Opak Ketan Bakar 2D, dan untuk menganalisis secara yuridis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap perkembangan industri rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), dokumentasi, observasi, dan studi kepustakaan, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu praktik pemasaran pada industri rumah tangga Opak Ketan Bakar 2D masih menggunakan konsep semi-modern, baik dari segi pemasaran maupun pendistribusian produk. Pada era modern ini, teknik memasarkan produk dapat menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp serta menempatkan produk di toko online seperti Shopee, Lazada, dan lain-lain. Adapun teknologi distribusi dapat menggunakan aplikasi kurir daring seperti GoFood, GrabFood, dan ekspedisi lainnya. Penggunaan teknologi tersebut melahirkan efektivitas dan efisiensi pemasaran pada industri rumah tangga, akan tetapi usaha Opak Ketan Bakar 2D masih kurang dalam memanfaatkan teknologi kekinian tersebut. Hasil analisis yuridis dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, terhadap perkembangan home industry adalah belum berjalan optimal. Kata Kunci: Pemasaran, Yuridis, UMKM.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 24 Aug 2021 09:03
Last Modified: 24 Aug 2021 09:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4964

Actions (login required)

View Item View Item