Pengaruh Fluktuasi Harga Emas Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Dalam Produk Cicil Emas Pada Pegadaian Syariah Pasar Baru Indramayu

Laelatul Adha, (2021) Pengaruh Fluktuasi Harga Emas Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Dalam Produk Cicil Emas Pada Pegadaian Syariah Pasar Baru Indramayu. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (686kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Laelatul Adha, NIM 1708203170, “PENGARUH FLUKTUASI HARGA EMAS DAN PROMOSI TERHADAP MINAT NASABAH PRODUK CICIL EMAS PADA PEGADAIAN SYARIAH PASAR BARU INDRAMAYU” Harga dan promosi adalah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari marketing mix. Pemasaran tanpa memiliki strategi harga yang mampu bersaing akan memberikan dampak buruk terhadap produk. Sedangkan, promosi sangat penting untuk menarik minat konsumen. Padahal harga emas di Indonesia cenderung naik dan nilainya tidak terlalu signifikan jika turun. selain itu, emas merupakan logam mulia yang sangat diminati oleh banyak orang dan bentuk investasi yang memiliki resiko rendah. Namun, masih banyaknya masyarakat belum mengetahui produk cicil emas membuat jumlah minat nasabahnya masih terbilang sedikit. Dengan adanya promosi yang baik diharapkan produk cicil emas dapat membantu masyarakat berinvestasi walaupun tidak memiliki modal yang besar. Dalam mempengaruhi minat dalam produk cicil emas dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini memiliki 2 variabel independent dan 1 variabel dependen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fluktuasi harga emas dan promosi terhadap minat nasabah produk pegadain syariah pasar baru indramayu. Variabel dependen pada penelitian ini adalah Minat Produk Cicil Emas (Y). sedangkan variabel independen pada penelitian ini adalah Fluktuasi Harga Emas (X1), dan Promosi (X2). Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah produk cicil emas yang berjumlah 127 nasabah. Sampel pada penelitian ini berjumlah 57 nasabah produk cicil emas dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu khusus untuk orang yang mengambil produk cicil emas pada pegadaian syariah pasar baru indramayu. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode analisis data menggunakan metode uji instrument penelitian, analisis data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji pengaruh individual dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel fluktuasi harga emas secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap minat nasabah dalam produk cicil emas dengan nilai thitung > ttabel (2,524 > 1,297) dan Sighitung < Sigtabel (0,015 < 0,05). Pada variabel promosi secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap minat nasabah dalam produk cicil emas dengan nilai thitung > ttabel (3,772 > 1,297) dan Sighitung < Sigtabel (0,000 < 0,05). Secara simultan variabel fluktuasi harga emas (X1) dan promosi (Y) berpengaruh terhadap minat (Y) nasabah dalam produk cicil emas dengan nilai Fhitung > Ftabel (17,105 > 3,17) dan Sighitung < 0,05 (0,000 < 0,05), sedangkan nilai kontribusi sebesar 38,8% dan sisanya 61,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Fluktuasi Harga Emas, Promosi, Minat cicil emas

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:50
Last Modified: 27 Aug 2021 04:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5046

Actions (login required)

View Item View Item