Opa Shobirin Assyifa, (2021) Strategi Pemasaran Objek Wisata Petilasan Prabu Siliwangi Masa Pandemi Covid-19 Di Majalengka. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) | Preview |
Abstract
Opa Shobirin Assyifa. NIM:1708202093, “STRATEGI PEMASARAN OBJEK WISATA PETILASAN PRABU SILIWANGI MASA PANDEMI COVID-19 DI MAJALENGKA”, 2021. Pandemi covid-19 saat ini melanda dunia termasuk Indonesia, sehingga menimbulakan berbagai dampak salah satunya dalam sektor pariwisata termasuk objek wisata petilasan prabu siliwangi yang mengalami penurunan jumlah kunjungan wisatawan yang signifikan. Oleh sebab itu, perlunya sebuah strategi pemasaran untuk meningkatkan kembali jumlah kunjungan wisatawan pada masa new normal sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “Bagaimana strategi pemasaran objek wisata petilasan prabu siliwangi di Majalengka. Bagaimana kondisi kunjungan pariwisata pada masa pandemi covid-19 dan keadaan ekonomi masyarakat”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini: Strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh pengelola Objek Wisata Petilasan Prabu Siliwangi untuk meningkatkan kembali kunjungan wisatawan pada masa pandemi covid-19 menggunakan marketing mix atau bauran pemasaran dengan memperhatikan 7P. Untuk segi product masih belum adanya upaya peremajaan ataupun penambahan fasilitas pendukung. Price, tidak adanya upaya penurunan harga. Place, disediakannya tempat cuci tangan di beberapa titik tempat. Promotion melalui media sosial seperti facebook dan instagram. People, karyawan diberlakukan sistem kerja bergilir. Physical evidence, upaya yang dilakukan dengan memperhatikan lagi kebersihannya dengan cara menyemprotkan disinfektan. Dan terakhir proses pelayanan sudah cukup baik dengan menerapkan protokol kesehatan. Adapun untuk kondisi kunjungan pariwisata pada masa pandemi covid-19 mengalami penurunan kunjungan wisatawan yang signifikan. Hal tersebut berdampak terhadap menurunnya pendapatan masyarakat karena berkurangnya daya beli wisatawan terhadap penjualan barang dagangan masyarakat. Kata Kunci: Objek Wisata, Marketing Mix, dan Masa Pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 05:36 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 05:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5349 |
Actions (login required)
View Item |