Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2018 Kelas IX Berdasarkan Formula Grafik Raygor dan Grafik Fry.

Siti Fadilah, (2021) Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2018 Kelas IX Berdasarkan Formula Grafik Raygor dan Grafik Fry. Bachelor thesis, Tadris Bhs.Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterbacaan teks pada buku teks Bahasa Indonesia terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2018 kelas IX berdasarkan formula grafik Raygor dan grafik Fry serta mengetahui jenis teks yang ada buku teks tersebut. Penelitian ini, muncul berawal dari hasil PISA dan kemampuan literasi siswa rendah. Maka, perlulah diadakan penelitian tentang keterbacaan buku teks. Karena, gerakan literasi harus diiringi dengan ketersediaan buku bacaan yang memenuhi standar kelayakan dan memiliki keterbacaan buku yang baik. Metode Dalam penelitian ini ialah Kualitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan teknik baca dan catat. Analisis teks dengan cara mengukur tingkat keterbacaannya menggunakan formula grafik Raygor dan grafik Fry. Selanjutnya menentukan jenis teks dalam buku teks tersebut. Hasil pengukuran keterbacaan memakai formula grafik Raygor menunjukkan. Dari 15 teks yang representatif yang sudah dianalisis hanya tiga teks yang sesuai untuk kelas 9. Dari 15 teks yang representatif yang sudah dianalisis hanya empat teks yang sesuai untuk kelas 9. Jadi, buku teks ini keterbacaannya sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis jenis teks, teks deskripsi berjumlah satu, teks laporan informatif berjumlah satu, teks pidato persuasif berjumlah satu, teks cerpen berjumlah tiga, teks tanggapan pribadi berjumlah satu, teks tanggapan (kritis) berjumlah dua, teks diskusi berjumlah tiga, dan teks pengisahan berjumlah tiga

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 30 Sep 2021 05:11
Last Modified: 30 Sep 2021 05:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5571

Actions (login required)

View Item View Item