PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN STRATEGI WRITING to LEARN (WtL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI

ALFIYA DAMAYANTI, (2021) PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN STRATEGI WRITING to LEARN (WtL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI. Bachelor thesis, Tadris BIO IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN (COVER DLL).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 2.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil PISA 2018 Indonesia kembali memiliki hasil dibawah rata-rata yang menunjukan rendahnya literasi sains dan hasil belajar siswa, sehingga dibutuhkan pengembangan inovasi pembelajaran yang dapat menunjang kebutuhan proses belajar siswa secara online, salah satunya adalah penggunaan pendekatan scientific berbantuan strategi writing to learn. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan scientific berbantuan strategi writing to learn terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design, dengan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan hasil rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 76,11 sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,60 dan hasil ensiklopedia pada kelas kontrol sebesar 78, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 81,08. Dampak penggunaan pendekatan scientific berbantuan strategi writing to learn dengan menggunakan effect size Cohen’s d sebesar 0,36 pada kemampuan literasi sains dan 0,23 pada hasil belajar yang memiliki kategori sedang. Hasil angket sikap peserta didik kelas eksperimen menujukan kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan pendekatan scientific berbantuan strategi writing to learn berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan scientific, strategi writing to learn, kemampuan literasi sains, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 02 Feb 2022 01:53
Last Modified: 02 Feb 2022 01:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/6223

Actions (login required)

View Item View Item