Nengsih Niawati, (2021) Keefektifan Pembelajaran Daring menggunakan Media Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting Selama Pandemi Covid-19 pada Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Karya Ilmiah di MA Nurul Huda Beringin - Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
Skripsi-Nengsih_Niawati-1608110056-00 Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Skripsi-Nengsih_Niawati-1608110056-01 BAB 1.pdf Download (707kB) | Preview |
|
|
Text
Skripsi-Nengsih_Niawati-1608110056-05 BAB 5.pdf Download (686kB) | Preview |
|
|
Text
Skripsi-Nengsih_Niawati-1608110056-06 Dapus.pdf Download (483kB) | Preview |
Abstract
Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) pertama muncul di akhir tahun 2019 tepatnya di Wuhan, China. Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang telah melanda 215 negara di dunia, memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah telah melarang setiap lembaga pendidikan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka (konvensional) dan memerintahkan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring (Surat Edaran Kemendikbud no. 4 Tahun 2020). Kekurangan yang terjadi pada pembelajaran daring yaitu anak sulit untuk fokus pada pembelajaran karena suasana rumah yang kurang kondusif terutama pada pelajaran bahasa Indonesia yang harus mempelajari tata bahasa yang baik dan benar. Berdasarkan pendahuluan di atas, di dapat rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MA Nurul Huda Beringin. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting dengan kelas kontrol yang menggunakan media Google Classroom. Perbedaan hasil belajar tersebut dilihat dari hasil uji-t untuk sampel bebas nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol bahwa besar thitung adalah 3.152 dan db (derajat bebas) 30 pada taraf signifikansi 0,05% diperoleh ttabel sebesar 2.042. Analisis uji-t menyatakan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (th > tt) pada taraf signifikansi 0,05%. Model pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi karya ilmiah dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Keefektifan menerapkan model pembelajaran daring menggunakan media online dalam pembelajaran bahasa Indonesia ditunjukkan oleh hasil analisis uji-t untuk sampel berhubungan. Hasil perhitungan dari uji-t menunjukan bahwa besar thitung adalah 7.206 dan db (derajat bebas) 16 pada taraf signifikansi 0,05% diperoleh ttabel sebesar 2.131. Dari perhitungan di atas bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (th > tt) pada taraf signifikansi 0,05%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 09:28 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 02:35 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7271 |
Actions (login required)
View Item |