Penerapan Integrasi Religius Value Melalui E-Ensiklopedia untuk Meningkatkan Personal Religion Knowledge (PRK)

Mohammad Ibnu Riziq, (2022) Penerapan Integrasi Religius Value Melalui E-Ensiklopedia untuk Meningkatkan Personal Religion Knowledge (PRK). Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman agama siswa atau Personal Religion Knowledge (PRK) dengan memanfaatkan sumber belajar e-ensiklopedia biologi. Pemahaman agama yang rendah dikarenakan sistem pembelajaran luring menggunakan buku paket yang masih kurang bervariasi sebagai alat dalam menunjang kegiatan pembelajaran integrasi religius value secara luring. Keseluruhan tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk 1) Untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran biologi yang menerapkan integrasi religius value melalui e-ensiklopedia, 2) mengkaji perbedaan PRK siswa, 3) mendeskripsikan respon siswa terhadap sumber belajar e-ensiklopedia biologi. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan September sampai Oktober 2021. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan 20 siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design jenis kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, observasi, angket dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan software SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) aktivitas belajar siswa dengan menggunakan e-ensiklopedia mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya. Pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar e-ensiklopedia mampu meningkatkan PRK siswa, 2) peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol meningkat, rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5 dan rata�rata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,32. Hasil uji statistik menghasilkan Sig. 0,029 < 0,05, artinya H0 ditolak dan Ha diterima, 3) Hasil respon siswa terhadap sumber belajar e-ensiklopedia biologi berbasis integrasi religius value pada materi keanekaragaman hayati di MAN 2 Kota Cirebon adalah baik, dengan persentase 82,8%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:07
Last Modified: 28 Jul 2022 04:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7540

Actions (login required)

View Item View Item