MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DI SMPN 1 KOTA CIREBON

Putri Farahdiba Hermawan, (2022) MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DI SMPN 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI PUTRI FARAHDIBA H.docx

Download (535kB)
[img] Text
BAB I PUTRI FARAHDIBA H.docx

Download (100kB)
[img] Text
BAB V PUTRI FARAHDIBA H.docx

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA PUTRI FARAHDIBA H.docx

Download (59kB)

Abstract

Percaya diri merupakan sikap positif yang harus dimiliki oleh setiap individu termasuk para siswa yang dimampukan untuk mengembangkan penilaian positif terhadap diri dan lingkungannya Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih adanya siswa yang belum percaya diri dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yaitu ditunjukkan dengan sikap siswa yang belum bisa focus sepenuhnya dalam mengkuti pembelajaran, belum berperan aktif dalam kelompok, cenderung menyendiri dengan bermain ponsel ketika istirahat, serta takut untuk mengemukakan pendapatnya saat diskusi berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap percaya diri peserta didik sebelum diterapkannya layanan bimbingan kelompok pada kelas VIII SMPN 1 Kota Cirebon, mendeskripsikan efektivitas dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang diterapkan untuk meningkatkan percaya diri peserta didik pada kelas VIII SMPN 1 Kota Cirebon serta mendeskripsikan peningkatan sikap percaya diri peserta didik setelah diterapkannya layanan bimbingan kelompok ditinjau dari aspek tingkah laku, dan emosi pada kelas VIII SMPN 1 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data ada tiga yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Dalam penelitian ini, dokumentasi yang terkumpul dengan melalui beberapa cara yaitu dengan melalui: pengambilan gambar, rekaman, dan catatan. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif, pada penelitian meningkatkan percaya diri siswa dengan melakukan pelayanan konseling kelompok dengan teknik permainan terhadap percaya diri siswa diperoleh hasil rata-rata sebelum diberikan perlakuan dimana siswa sangat kurang percaya diri ketika mengemukakan pendapat dan berdiskusi dengan teman. Efektivitas selama pelaksanaan layanan konseling kelompok dapat berjalan dengan baik dan lancar. Setelah mendapatkan pelayanan konseling kelompok dengan teknik role playing, rata-rata siswa tersebut mengalami peningkatan, dimana mereka tidak lagi malu-malu untuk berbicara di depan teman-temanya, dan tidak ragu untuk menyampaikan pendapat dalam suasana kelompok serta yakin atas kemampuan dirinya. Secara keseluruhan siswa sudah mampu memahami indikator dari percaya diri dengan baik sehingga setelah diberikan pelayanan oleh BK terhadap rasa percaya diri, terjadi peningkatan dibandingkan sebelum diberikan perlakuan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri Siswa, Layanan Konseling Kelompok, Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 1 Kota Cirebon
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:59
Last Modified: 21 Nov 2022 07:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8361

Actions (login required)

View Item View Item