PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF INOVATIF SISWA PADA MATERIPENCEMARAN LINGKUNGAN

Sri Upit Fitriany, (2022) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF INOVATIF SISWA PADA MATERIPENCEMARAN LINGKUNGAN. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran yang berfungsi untuk memudahkan para pendidik dalam melakukan proses pembelajaran kepada muridnya guna mencapai tujuan yang ditetapkannya serta membantu siswa dalam memperoleh informasi dalam belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Penerapan model discovery learning online pada materi pencemaran lingkungan; 2) Perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif inovatif antara siswa yang diterapkan model discovery learning online dengan siswa yang tidak diterapkan model discovery learning online pada materi pencemaran lingkungan; dan 3) Respon siswa terhadap penerapan model discovery learning online pada materi pencemaran lingkungan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent control group design di MAN 2 Kota Cirebon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Kota Cirebon yang berjumlah 190 siswa, sampel yang diambil sebanyak 2 kelas, masing-masing kelas berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes pilihan ganda dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan model discovery learning online pada materi pencemaran lingkungan efektif serta dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif inovatif siswa, 2) Perbedaan peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Inovatif (KBKI) siswa, setelah diterapkan model discovery learning online menunjukkan adanya perbedaan, terbukti dengan nilai rata-rata N-Gain pretest dan posttest kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Rata-rata N-gain pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 0,65% dengan kategori sedang sementara kelas kontrol sebesar 0,26% dengan kategori rendah, 3) Respon siswa menunjukkan kriteria kuat (baik) dengan nilai rata-rata persentasenya sebesar 63,65%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, Online, Keterampilan Berpikir Kreatif Inovatif (KBKI), Pencemaran lngkungan
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:34
Last Modified: 07 Dec 2022 04:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8514

Actions (login required)

View Item View Item