PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 KANDANGHAUR

Ninda Aulia Fazrin, (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 KANDANGHAUR. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi menekankan siswa mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang dirinya sendiri dan alam sekitar, oleh karena itu dalam belajar biologi siswa membutuhkan model pembelajaran yang tepat. Sejak mewabahnya Covid-19 guna menghindari terjadinya penularan, sebagian besar aktivitas dilakukan melalui daring, dengan diberlakukan new normal mau tidak mau para pelajar akan kembali belajar ke sekolah, tentunya dengan protocol kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aktivitas belajar siswa, perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan control, dan respon siswa terhadap penerapan model problem based learning berbasis e-modul. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil ialah kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat perbedaan peningkatan aktivitas belajar siswa yang signifikan. 2) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dengan nilai N-Gain kelas eksperimen 0,60 sedangkan kelas kontrol 0,46. 3) siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model problem based learning berbasis e-modul. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan problem based learning berbasis e-modul dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran biologi dengan menerapkan model problem based learning berbasis e-modul.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), E-Modul, Hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 05:44
Last Modified: 07 Dec 2022 05:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8524

Actions (login required)

View Item View Item