PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MTs AN-NUR KOTA CIREBON

Elin Yulianingsih, (2021) PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MTs AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (594kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, dunia sedang dihadapkan dengan wabah virus Covid-19. Virus ini berdampak pada aspek kehidupan manusia diantaranya pendidikan. Pembelajaran yang biasa dilakukan di kelas berubah menjadi pembelajaran daring. setelah diterapkan pembelajaran daring terjadi penurunan prestasi belajar siswa di MTs An-Nur kota Cirebon sehingga guru dituntut untuk lebih mengembangkan lagi kemampuan menggunakan teknologi informasi agar dapat berinovasi dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan guru di MTs An-Nur kota Cirebon dalam menggunakan teknologi infromasi, mengetahui prestasi belajar siswa pada pembelajaran daring di MTs An-Nur kota Cirebon dan menguji seberapa besar pengaruh kemampuan guru dalam menggunakan teknologi Informasi terhadap prestasi belajar pada pembelajaran daring di MTs An-Nur Kota Cirebon. Kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi penting untuk dimiliki guru pada saat ini, karena guru harus mampu mengoperasikan media yang digunakan dalam pembelajaran daring agar berjalan dengan efektif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Ex Post Facto. Sampel yang digunakan berjumlah 32 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prosentase, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi, regresi linear sederhana dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa tingkat kemampuan guru IPS dalam menggunakan teknologi informasi sebesar 77,9% termasuk dalam kategori baik sekali, Sebanyak 56% siswa dinyatakan belum tuntas dan 44% siswa dinyatakan tuntas berdasarkan KKM dari mata pelajaran IPS yaitu 70 dengan rata-rata sebesar 63,65 dan diperoleh nilai sig. Sebesar 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima artimya terdapat pengaruh kemampuan guru dalam mengguanakan teknologi informasi terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran daring di MTs An-nur Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru,Teknologi Informasi, Prestasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:05
Last Modified: 09 Dec 2022 05:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8609

Actions (login required)

View Item View Item