EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN BERBANTUAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA (Studi Fenomenologi Mahasiswa Jurusan Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Nurmila Herdianty, (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN BERBANTUAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA (Studi Fenomenologi Mahasiswa Jurusan Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Jurusan Tadris IPS IAIN Cirebon merupakan salah satu fakultas tarbiyah yang menerapkan pembelajaran kewirausahaan didua semester, adapun penerapannya meliputi kegiatan belajar mengajar online dan praktek yang memanfaatkan media online dikarenakan dalam keadaan pandemi. Namun hasilnya mahasiswa belum berwirausaha, walaupun sudah dibekali pembelajaran mata kuliah kewirausahaan. Ini disebabkan sebagian mahasiswa masih bingung cara memulai berwirausaha, ataupun merasa tidak bisa berwirausaha dan bahkan ada mahasiswa beranggapan bidang kewirausahaan bukan passionnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hasil belajar mata kuliah kewirausahaan di masa pandemi, 2) motivasi berwirausaha dalam diri mahasiswa, dan 3) efektivitas pembelajaran mata kuliah kewirausahaan dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi berwirausaha pada mahasiswa. Berangkat dari kerangka berpikir bahwasannya mata kuliah kewirausahaan identik dengan penerapan KBM dan prakteknya yang memanfaatkan teknologi yang bertujuan memperoleh hasil belajar mahasiswa mencakup perubahan positif kognitif, afektif, dan psikomotorik serta memunculkan motivasi berwirausaha dalam diri mahasiswa sehingga membuat mahasiswa terbekali ilmu kewirausahaan dan mengaplikasikannya dengan menjadi wirausaha digital. Metode penelitian skripsi ini menggunakan jenis studi fenomenologi (kualitatif-deskriptif) dengan pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, studi dokumentasi dan tringaluasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan yang diperoleh dalam hasil penelitian ini adalah 1) Hasil belajar mata kuliah kewirausahaan dilihat dari ketiga aspek antara lain; ranah kognitif membuat mahasiswa menjadi tahu cara-cara berwirausaha, ranah afektif menjadikan mahasiswa bersungguh-sungguh dalam melakukan suatu hal, ranah psikomotorik menjadikan mahasiswa memiliki kreativitas dan terampil dalam membuat konten kreatif maupun menciptakan hal baru dibidang kewirausahaan. 2) Adanya motivasi berwirausaha dalam diri mahasiswa dipengaruhi dorongan dalam diri mahasiswa yang ingin mencoba mengaplikasikan ilmunya dengan membuka usaha dan dorongan dari pendidik serta pengusaha UMKM yang memberikan tips dan trik berwirausaha. 3) Efektifnya mata kuliah kewirausahaan ditandai dengan sebagian mahasiswa menjadi technopreneurship yang memanfaatkan media sosial untuk berdagang online dan menerapkan sistem delivery, sehingga terwujudnya tujuan mata kuliah kewirausahaan yang menginginkan mahasiswa menjadi wirausahawan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan, Hasil Belajar, Motivasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis Enterpreneurship
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 05:09
Last Modified: 09 Dec 2022 05:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8615

Actions (login required)

View Item View Item