Nur Kholidah, (2022) Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Sikap Disiplin Siswa Dalam Pembelajaran IPS di MTs Syarif Hidayatullah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (213kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran jarak jauh ini memiliki beberapa prosedur yang tentu memiliki banyak kekurangan dan juga kelebihan, pada masa seperti ini sekolah-sekolah dianjurkan atau dituntut untuk mempunyai strategi dalam mengembangkan sikap disiplin dalam meningkatkan suatu proses pembelajaran jarak jauh ini. Akan tetapi proses pembeljaran jarak jauh ini memiliki permasalahan dimana sikap siswa yang kurang disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran jarak jauh. Kedisiplinan siswa sangatlah diperlukan di sekolah terutama dalam proses pembelajaran. Hal ini bertujuan agar siswa mempunyai sikap yang mampu mencerminkan ketaatan dan ketepatan terhadap aturan-aturan yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran jarak jauh, sikap disiplin siswa dalam pembelajaran IPS dengan pembelajaran jarak jauh dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap sikap disiplin siswa dalam pembelajaran IPS di MTs Syarif Hidayatullah Kota Cirebon. Pembelajaran jarak jauh merupakan pembelajaran yang mengutamakan kemandirian. Guru dapat menyampaikan materi ajar kepada peserta didik tanpa harus bertatap muka langsung di dalam suatu ruangan dan dapat dilakukan dalam waktu yang sama maupun waktu yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok variabel yaitu variabel X (pembelajaran jarak jauh) dan viarbel Y (sikap disiplin Siswa). Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa di MTs Syarif Hidayatullah Kota Cirebon yang berjumlah 51 siswa dengan menggunakan sampel totalitas, analisis data menggunakan instrumen angket sebagai alat ukur penelitian, skala yang digunakan ialah skala likert dan teknik analisis data penelitian menggunakan uji prosentase, uji normalitas, uji linearitas, uji determinasi, uji korelasi person, uji regresi linear sederhana dan uji hipotese. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa dari skala prosentase angket pembelajaran jarak jauh 78,16 % dan berada pada rentang (60%-80%) hal ini menunjukkan bahwa angket pembelajaran jarak jauh berada pada taraf baik., sikap disiplin (76,20%) ini tergolong pada kategori baik yang berada antaraa70% - 85%, dapat diketahui bahwa pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap sikap disiplin siswa dalam pembelajaran IPS tergolong baik, hasil dari koofisien korelasi diketahui bahwa nilai signifikansi uji correlation ialah 0,000 hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Selanjutnya hasil analisis juga mendapatkan rhitung 0,329 jika dibandingkan dengan rtabel 51 yaitu 0,270. Karena hasil rhitung lebih besar dari rtabel maka kedua variabel ini berhubungan, nilai korelasi antara variabel X dan Y ini sedang, terdapat pengaruh dalam pembelajaran jarak jauh terhadap sikap disiplin siswa dalam pembelajaran IPS di MTs Syarif Hidayatullah Kota Cirebon secara signifikan. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,000 dengan taraf pembanding 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Jarak Jauh, Sikap, Disiplin |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 03:57 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 03:57 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8668 |
Actions (login required)
View Item |