Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPS Kelas XII Di Madrasah Aliyah Al-Ma’asum Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka

Nurul Muti Rohmah, (2021) Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPS Kelas XII Di Madrasah Aliyah Al-Ma’asum Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

MA Al-Ma’asum merupakan sekolah tingkat SLTA yang menerapkan metode pembelajaran secara daring.Sebagaian siswa disinyalir masih mengalami kesulitan dalam mengikuti proses belajar daring, bahkan kesulitan terjadi tidak hanya kepada siswa namun juga dirasakan oleh pihak orangtua dan guru itu sendiri. Penelitian ini membahas efektivitas hasil pembelajaran daring yang telah dilakukan terhadap kelas XII IPS MA Al-Ma’asum Malausma Kab. Majalengka, Fokus penelitian yang akan dikaji adalah: 1, Bagaimana proses pembelajaran daring dilakukan terhadap kelas XII IPS MA Al-Ma’asum Malausma Kab. Majalengka 2, Bagaimana respon siswa terhadap penerimaan materi yang disampaikan oleh guru secara daring 3, Bagaimana efektivitas hasil pembelajaran daring yang telah dilakukan terhadap kelas XII IPS MA Al-Ma’asum Malausma Kab. Majalengka. Pembelajaran daring memberikan manfaat dalam membantu menyediakan akses belajar bagi semua orang, sehingga menghapus hambatan secara fisik sebagai faktor untuk belajar dalam ruang lingkup kelas bahkan hal tersebut dipandang sebagai sesuatu yang efektif untuk diterapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung untuk mengumpulkan data hasil observasi. Data yang berbentuk kata-kata didapatkan dari para informan, sedangkan data-data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, kemudian melakukan reduksi data, penyajian data-data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran daring dilakukan terhadap kelas XII IPS MA Al-Ma’asum Malausma Kab. Majalengka dengan berbagai macam media daring/e-learning. Proses pembelajaran daring guru dan siswa terbantukan dengan media aplikasi Whatsapp dan Google Form yang mempermudah guru dalam menyampaikan materi maupun tugas pembelajarannya kepada siswa. Respon siswa terhadap pemahaman materi yang disampaikan oleh guru secara daring masih cukup belum begitu baik, banyak siswa yang merasakan bahwasannya belajar dengan menggunakan metode daring kurang membantu untuk memahami materi-materi pelajaran. Efektivitas hasil pembelajaran daring yang telah dilakukan terhadap kelas XII IPS MA Al-Ma’asum Malausma Kab. Majalengka kurang efektif siswa kurang siap dengan kendala-kendala yang berpengaruh dalam proses berlangsungnya pembelajaran seperti fasilitas hp, akses inetnet, kuota dan lingkungan yang ada disekitarnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring, IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:25
Last Modified: 19 Dec 2022 06:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8685

Actions (login required)

View Item View Item