Nur Hasanah, (2022) Pengaruh Metode Reading Guide Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Gempol Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (344kB) | Preview |
Abstract
Metode pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran seperti gambar, video dan lain sebagainya. Untuk mendukung pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan dan mempermudah guru dalam menyampaikan informasi terkait materi pembelajaran. Pada mata pelajaran IPS penggunaan metode yang menarik saat proses pembelajaran belum diterapkan secara maksimal, dan belum berdampak positif. Dalam hal ini terdapat beberapa permasalahan yang ditemui diantaranya yaitu guru belum memanfaatkan metode pembelajaran yang tepat, respon siswa rendah saat pembelajaran dikarenakan guru terbiasa mengajar dengan metode konvensional ceramah tanpa media pembelajaran, sehingga banyak siswa yang malas untuk mengikuti pembelajaran dan banyak siswa yang memperoleh hasil belajar dibawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode reading guide terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Ips, untuk mengetahui pengaruh metode reading guide terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ips, dan untuk mengetahui pengaruh metode reading guide terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ips di SMP Negeri 1 Gempol Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini Quasi eksperiment menggunakan the nonequivalent posttest-onty control group design. Populasi penelitian merupakan siswa 15 siswa dari kelas IX H dan 15 siswa dari kelas IX I yang berjumlah 30 siswa yang dipilih melalui random sampling. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, angket, observasi kegiatan pembelajaran dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, ada pengaruh metode reading guide terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Ips dengan nilai Sig 0.003, ada pengaruh metode reading guide terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan nilai sig 0.012, dan ada pengaruh metode reading guide terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips dengan p value (s�ig) 0.451. hal ini berarti motivasi belajar dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh metode reading guide.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, metode reading guide, motivasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 08:41 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 08:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8718 |
Actions (login required)
View Item |