PERANAN BUDAYA MADRASAH DALAM MEMBENTUK SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 KABUPATEN CIREBON

Khofifah, (2022) PERANAN BUDAYA MADRASAH DALAM MEMBENTUK SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan suatu upaya untuk mengatasi krisis karakter yang terjadi saat ini yakni masih kurangnya sikap sosial siswa seperti siswa yang berkata kasar kepada temannya, kurangnya rasa peduli siswa terhadap sesama, kurang nya sikap tanggung jawab siswa, siswa tidak bersalaman ketika berpapasan dengan guru, siswa memilih-milih teman, dan masih terdapat beberapa siswa yang telat masuk dan tidak berpakaian rapih. termasuk melalui budaya madrasah yang terwujud dalam kebijakan madrasah, hubungan antar warga madrasah, dan kegiatan pembiasaan – pembiasaan yang dilakukan secara rutin akan berdampak pada sikap siswa. Oleh karena itu, lembaga pendidikan secara praktis tidak dapat dipisahkan dengan nilai-nilai budaya. Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui budaya madrasah (2) mengetahui sikap sosial siswa (3) mengetahui peranan budaya madrasah dalam membentuk sikap sosial siswa. Budaya madrasah merupakan sebuah pola pembiasaan yang terdapat sekulumpulan nilai-nilai didasari oleh adanya visi misi, tradisi, norma-norma, simbol yang dilaksanakan oleh seluruh warga madrasah sehingga menjadi sebuah ciri khas madrasah. Sikap sosial ialah sikap yang berkaitan dengan kehidupan sosial sebagai suatu bentuk interaksi dengan lingkungan, baik lingkungan sekolah,lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, verifikation. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat pembiasaan-pembiasaan yang positif seperti pembiasaan salam, pembiasaan kencleng, pembiasaan tahfid al-qur’an, pembiasaan keteladanan, pembiasaan membaca do’a sebelum dan sesudah belajar, pembiasaan piket kelas. Berdasarkan pembiasaan-pembiasaan tersebut dapat membentuk sikap sosial siswa seperti ketika berpapasan, siswa senyum, salam, sapa kepada guru, siswa membantu temannya yang sedang mengalami kesulitan, siswa tidak memilih-milih teman, menghargai pendapat orang lain, siswa dapat bekerja sama dengan baik, siswa melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam kegiatan piket dan tahfid, siswa datang tepat waktu dan berpakaian rapih. Pembiasaan�pembiasaan tersebut tertanam nilai-nilai sosial siswa seperti pembiasaan tahfid tertanam nilai tanggung jawab, pembiasaan kencleng tertanam nilai peduli sosial siswa, pembiasaan piket kelas tertanam nilai-nilai tanggung jawab siswa, pembiasaan salam tertanam nilai sopan santun dan pembiasaan keteladanan tertanam nilai disiplin siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Budaya Madrasah, Sikap Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Dec 2022 01:32
Last Modified: 20 Dec 2022 01:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8734

Actions (login required)

View Item View Item