Pengaruh Manajemen Sarana Pendidikan Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Di MTs Al-Muawanah Susukanlebak Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon

Dhia Salsabila, (2022) Pengaruh Manajemen Sarana Pendidikan Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Di MTs Al-Muawanah Susukanlebak Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Manajemen sarana pendidikan sangat penting dalam menunjang kepuasan belajar siswa. Sarana pendidikan yang ada di MTs Al-Muawanah Susukanlebak Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon kurang memadai akan tetapi kepuasan belajar siswa cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Manajemen sarana pendidikan di MTs Al-Muawanah Susukanlebak Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon. (2) Kepuasan belajar siswa di MTs Al�Muawanah Susukanlebak Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon. (3) Pengaruh manajemen sarana pendidikan terhadap kepuasan belajar siswa di MTs Al-Muawanah Susukanlebak Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu Ex�post Facto yang bersifat kausal. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini berjumlah 296 dengan pengambilan sampel 10% dari jumlah populasi menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu sebanyak 30 responden. Berdasarkan hasil penelitian secara analisis bahwa manajemen sarana pendidikan di MTs Al-Muawanah Susukanlebak termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 71,75%. Sedangkan kepuasan belajar siswa di MTs Al�Muawanah Susukanlebak termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 72,28%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Sarana Pendidikan (X) terhadap Kepuasan Belajar Siswa (Y), dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh yang disumbangkan oleh Manajemen Sarana Pendidikan terhadap Kepuasan Belajar Siswa adalah sebesar 76,9% sisanya sebesar 23,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Sarana Pendidikan, Kepuasan Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Dec 2022 06:40
Last Modified: 21 Dec 2022 06:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8822

Actions (login required)

View Item View Item