PENGEMBANGAN HANDOUT MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII BERDASARKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Lillah Nurfadlilah, (2021) PENGEMBANGAN HANDOUT MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII BERDASARKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar pembelajaran di kelas hanya menggunakan sumber belajar dari buku teks dan LKS yang isinya hanya memuat rumus dan materi tanpa menjelaskan konsep matematika yang sesungguhnya dengan begitu siswa menjadi jenuh dalam kegiatan belajar matematika, oleh sebab itu, perlu adanya inovasi baru dalam sumber belajar yang digunakan yaitu handout materi bangun ruang sisi datar kelas VIII berdasarkan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan handout materi bangun ruang sisi datar kelas VIII berdasarkan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan mengetahui efektifitas dari handout materi bangun ruang sisi datar kelas VIII berdasarkan pendekatan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-A untuk ujicoba instrument tes, 20 siswa kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen, dan 20 siswa kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan metode pengembangan model 4-D oleh Thiagarajan, dkk, yaitu: 1) Define, 2) Design, 3) Develop, dan 4) Disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Penentuan tingkat kelayakan produk berdasarkan uji validasi ahli materi, ahli media dan uji coba produk kepada siswa melalui tes dan angket serta handout dikatakan layak apabila memperoleh kriteria minimal validitas sedang. Hasil validasi ahli materi terhadap handout menunjukan nilai rata-rata 0,8106 dengan kriteria validitas tinggi dan dinyatakan layak. Hasil validasi ahli media terhadap handout menunjukan nilai rata-rata 0,8698 dengan kriteria validitas tinggi dan dinyatakan layak. Dari hasil post-test kelas eksperimen diperoleh bahwa hampir seluruhnya siswa tuntas. Hasil uji Independet Sample Test pada tahap uji coba pemakaian kelas eksperimen menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) sebesar 0,034, dengan demikian nilai signifikasi < 0,05 artinya terdapat perbedaan signifikan pada peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut selaras dengan respon siswa yang menyatakan bahwa penggunaan handout materi bangun ruang sisi datar kelas VIII berdasarkan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada tahap ujicoba pemakaian memperoleh presentase 79% dengan kriteria hampir seluruhnya siswa memberikan respon positif terhadap handout. Jadi handout materi bangun ruang sisi datar kelas VIII berdasarkan pendekatan pembelajaran matematika realistik efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Handout, Bangun ruang sisi datar, Pendekatan pembelajaran matematika realistik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:09
Last Modified: 22 Dec 2022 03:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8873

Actions (login required)

View Item View Item