PENGEMBANGAN BROSUR PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA

Nely Naelatul Izza, (2021) PENGEMBANGAN BROSUR PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa brosur pembelajaran matematika berbasis kontektual dan juga untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan kreativitas siswa setelah menggunakan bahan ajar brosur yang dikembangkan. Uji coba dilakukan di SMP Assuniyah Losari, melibatkan 52 siswa, 26 siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan 26 siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode pengembangan menggunakan model 4D. Model pengembangan 4D ini ada 4 tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), Disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, dan tes. Penenetuan tingkat kelayakan bahan ajar berdasarkan uji validasi ahli materi dan media dikatakan layak apabila memperoleh kriteria “tinggi”. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar brosur dinyatakan layak melalui pengujian ahli materi dan media. Hasil validasi aiken’s dari ahli materi terhadap bahan ajar brosur menunjukan nilai yang sangat baik yaitu dengan nilai rata-rata 0.94 dengan kriteria tinggi. Hasil validasi dengan menggunakan koefisien validasi aiken’s dari ahli media menunjukkan hasil yang sangat baik yaitu dengan nilai rata-rata 0.87 dengan kriteria tinggi. Hasil uji paired sample t diketahui Asymp.Sig. (2-Tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, artinya terdapat perbedaan antara hasil kreativitas siswa dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar brosur matematika kontekstual yang kuat dan signifikan. Adapun hasil uji independent sample t test diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya terdapat perbedaan signifikan pada hasil kreativitas siswa serta hasil belajar matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut selaras dengan respon siswa yang menyatakan bahwa penggunaan bahan ajar brosur dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa memahami materi garis dan sudut dengan presentase sebesar 61% atau dengan kata lain hampir seluruh siswa memberikan respon yang positif terkait penggunaan bahan ajar brosur matematika dalam proses pembelajaran yang menujukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan bahan ajar brosur dan kelompok siswa yang tidak menggunakan bahan ajar brosur sehingga dapat diartikan bahwa bahan ajar brosur matematika kontekstual efektif terhadap hasil belajar siswa dan peningkatan kreativitas siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar brosur, Pembelajaran garis dan sudut, kreativitas siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:13
Last Modified: 22 Dec 2022 03:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8874

Actions (login required)

View Item View Item