Imas Widiya, (2022) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAYDENGAN TIPE BERTUKAR PASANGAN. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (62kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika sesungguhnya adalah belajar mengenai konsep dan struktur dari suatu materi. Faktanya selama proses pembelajaran matematika terdapat beberapa permasalahan yang masih ditemui, seperti siswa masih sering kesulitan memahami konsep pada materi, rumus-rumus yang abstrak, penjelasan yang monoton sehingga pembelajaran matematika diaanggap sulit dipahami. Oleh sebab itu, diperlukan pembelajaran untuk mencapai kemampuan pemahaman konsep matematis agar siswa dapat memahami konsep dari materi. Salah satu cara untuk kemampuan pemahaman konsep matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay dan Bertukar Pasangan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay, 2) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bertukar Pasangan, 3) Mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pemahaman matematis antara siswa yang mendapat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dengan siswa yang mendapat penerapan model pembelajara kooperatif tipe Bertukar Pasangan, 4) Mengetahui respon siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horray dan tipe Bertukar Pasangan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Sumber dengan metode yang digunaka metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian pottest-only control design. Sampel yang digunakan kelas VIII A terdiri dari 30 siswa dan VIII B terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen test berupa posttest dalam bentuk uraian dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Terdapat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan rata-rata nilai kelas eksperimen 1 sebesar 69,87 dan siswa lulus KKM dengan presentase 57%, 2) Terdapat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan rata-rata nilai kelas eksperimen 2 sebesar 60,07 dan siswa lulus KKM dengan presentase 33%, 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dan tipe Bertukar Pasangan dengan nilai signifikan sebesar 0,025, 4) Respon siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay sebesar 75,30% (baik) dan model tipe Bertukar Pasangan sebesar 68,90% (cukup baik).
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Course Review Horay, Bertukar Pasangan |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 06:46 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 06:46 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8916 |
Actions (login required)
View Item |