PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT TEAMS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Hanif Jauhar Noor, (2022) PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT TEAMS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model blended learning dengan menggunakan microsoft teams serta untuk mengetahui efektivitas model blended learning dengan menggunakan microsoft teams untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan langkah menurut Sugiyono yaitu (1) Potensi Masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi Produk. Subjek penelitian ini berjumlah 72 siswa. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan beberapa instrumen yaitu lembar validasi produk, tes, angket motivasi belajar matematika dan angket respon siswa. Hasilnya validasi media dari 3 validator menunjukkan tingkat validitas dengan koefisien validitas sebesar 1,00. Diperoleh langkah pembelajaran model blended learning dengan microsoft teams antara lain mengupload materi pembelajaran di mircrosoft teams, membantu memberikan solusi terhadap siswa, menjelaskan materi pembelajaran dengan jelas, melakukan interaksi dengan intens, serta memberikan motivasi. Hasil perolehan nilai N-Gain kelas eksperimen adalah 0,67, sementara nilai N-gain untuk kelas kontrol sebesar 0,43. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig(2-tailed) adalah 0,000 dan 0,000. Untuk motivasi belajar matematika siswa memperoleh rata-rata persentase awal 67,470% menjadi 76,405% dan utuk respon siswa memperoleh rata-rata persentase 54,435%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan model blended learning dengan microsoft teams telah memenuhi kriteria untuk kualitas produk yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Blended Learning, Microsoft Teams, Motivasi Belajar Matematika Siswa, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:02
Last Modified: 22 Dec 2022 07:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8922

Actions (login required)

View Item View Item