Qudsiyatul Kholisoh, (2022) PERBANDINGAN PENERAPAN STRATEGI REACT DENGAN STRATEGI PQ4R TERHADAP SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (962kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (56kB) | Preview |
Abstract
Self-efficacy siswa sangat menentukan keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Hal itu menyebabkan self-efficacy dianggap penting sehingga banyak orang yang sudah menelitinya. Banyak yang mengaitkan dengan strategi yang ada, sehingga peneliti tertarik untuk membandingkan strategi manakah yang lebih baik untuk menumbuhkan self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mengetahui self-efficacy siswa setelah diterapkannya strategi REACT dalam proses pembelajaran matematika, 2). Mengetahui self-efficacy siswa setelah diterapkannya strategi PQ4R dalam proses pembelajaran matematika, 3) Mengetahui apakah terdapat perbedaan antara self-efficacy siswa pada pembelajaran REACT dan PQ4R, 4). Mengetahui keterlaksanaan strategi REACT dan PQ4R saat diterapkan di kelas, 5). Mengetahui respon siswa terhadap penerapan strategi REACT dan strategi PQ4R pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif berupa Quasi Experiment dengan desain posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Sains Salman Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 50 siswa. Pengambilan sampel dipilih dengan teknik sampling jenuh yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I yang terdiri dari 28 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen II yang terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis berupa uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata self-efficacy siswa yang diterapkan strategi REACT sebesar 67% dan rata-rata self-efficacy siswa yang diterapkan strategi PQ4R sebesar 68%. Kedua hasil ini termasuk kedalam kategori kuat. Pada hasil observasi keterlaksanaan menunjukkan strategi REACT lebih baik dibandingkan strategi PQ4R dengan rata-rata strategi REACT adalah 93,7% dan rata-rata strategi PQ4R adalah 85%. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai test statistic Sig. (2- tailed) adalah 0,766 > 0,05 artinya tidak ada perbedaan self-efficacy siswa antara kelas eksperimen I yang diterapkan strategi REACT dan kelas eksperimen II yang diterapkan strategi PQ4R. Hasil respon siswa terhadap penerapan strategi REACT sebesar 74,5% dan strategi PQ4R sebesar 69,2% yang keduanya menunjukkan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi REACT, Strategi PQ4R, Self-Efficacy, Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 01:11 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 01:11 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8932 |
Actions (login required)
View Item |