PENGEMBANGAN MODEL PAIR CHECK BERBASIS OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR INTERAKTIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nurul Sa'adah Aeni, (2022) PENGEMBANGAN MODEL PAIR CHECK BERBASIS OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR INTERAKTIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui hasil pengembangan model pair check berbasis open ended, 2) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir interaktif setelah dilakukan penerapan model pair check berbasis open ended, dan 3) Mengetahui perbedaan yang signifikan antara penerapan model pair check berbasis open ended dengan penerapan model pair check. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan ( Research and Development ) dengan menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono, yaitu: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk pengembangan, 4) Revisi produk pengembangan, 5) Revisi produk pengembangan, dan 6) Uji coba produk pengembangan. Desain uji coba penelitian yaitu pretest-posttest control group desain. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Majalengka pada kelas X-MIPA 3 sebanyak 36 siswa, dan kelas X-MIPA 4 sebanyak 34 siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir interaktif yaitu dengan uji t non parametrik ( independent sample t-test ) menggunakan uji mann-whitney u-test dengan taraf signifikansinya 5% atau 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Model pair check berbasis open ended setelah dilakukan validasi serta uji coba menunjukkan sangat praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir interaktif siswa pada pembelajaran matematika, 2) Peningkatan kemampuan berpikir interaktif siswa dengan nilai rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 94 lebih besar dari pada nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 92 yang artinya seluruh siswa sudah memenuhi standar nilai KKM pelajaran matematika sebesar 70 yang sudah ditetapkan pada kelas X-MIPA di MAN 2 Majalengka, 3) Ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir interaktif siswa pada pembelajaran matematika antara model pembelajaran pair check dengan model pair check berbasis open ended. Respon siswa terhadap penerapan model pair check berbasis open ended sangat positif dengan presentase respon siswa dalam indikator I sebesar 79%, indikator II sebesar 76%, indikator III sebesar 77%, indikator IV sebesar 78% dan indikator V sebesar 78%, serta komulatif respon siswa rata-rata sebesar 78%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pair check, Open Ended, Interaktif, Pembelajaran, Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:05
Last Modified: 23 Dec 2022 03:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8951

Actions (login required)

View Item View Item