IDENTIFIKASI SELF DISCLOSURE MATEMATIS SISWA BERDASARKAN BIG FIVE PERSONALITY

Ninda Rokaya, (2022) IDENTIFIKASI SELF DISCLOSURE MATEMATIS SISWA BERDASARKAN BIG FIVE PERSONALITY. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial, setiap individunya mempunyai privasi masing-masing yang tidak diungkapkan kepada orang lain. Membuka informasi tentang privasi dirinya yang biasanya tidak diketahui oleh orang lain disebut dengan istilah self disclosure. Biasanya, informasi pribadi yang disampaikan berupa harapan, ketakutan, perasaan, pikiran, dan pengalaman yang siswa alami. Pengungkapan diri bukan hanya berupa informasi tentang permasalahan kehidupan sehari-hari, namun dapat juga berupa informasi yang berkaitan dengan pendidikan, salah satunya kesulitan terkait pembelajaran matematika. Akan tetapi, paradigma siswa terhadap mata pelajaran matematika dan gurunya membuat siswa jarang sekali terbuka terkait permasalahannya dalam pembelajaran matematika. Banyak sekali faktor yang mempengaruh self disclosure siswa terkait masalah yang dimilikinya, salah satunya adalah tipe kepribadian yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Tipe-tipe kepribadian tersebut Ada 5 yang dikenal dengan istilah big five personality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran kepribadian siswa berdasarkan big five personality, mengidentifikasi tingkat self disclosure matematis siswa berdasarkan big five personality, dan mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat self disclosure matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan terhadap 80 siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Cirebon, menggunakan teknik simple random sampling dan teknik purposive sampling untuk memilah siswa yang akan diwawancarai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala pengukuran dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, kepribadian yang lebih dominan pada siswa SMP Negeri 8 Kota Cirebon yaitu kepribadian conscientiousness dengan nilai persentase 45%, tingkat self disclosure matematis siswa SMP Negeri 8 Kota Cirebon lebih banyak berkategori sedang pada siswa berkepribadian conscientiousness dengan skor persentase 28%, faktor yang mempengaruhi tingkat self disclosure matematis siswa yaitu kepribadian, besaran kelompok, perasaan menyukai, mitra dalam hubungan, jenis kelamin, dan mindset.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Self Disclosure, Pembelajaran Matematika, Big Five Personality
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:31
Last Modified: 23 Dec 2022 03:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8958

Actions (login required)

View Item View Item