PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Nurul Fauziah, (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWLAN DLL.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Pengembangan model pembelajaran CIRC dengan metode mind mapping dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa masih belum optimal, pemilihan model pembelajaran oleh guru masih kurang tepat, model pembelajaran CIRC yang diterapkan di sekolah masih belum optimal atau memiliki beberapa kekurangan dalam penerapannya, dan cara siswa dalam mencatat materi pelajaran kurang kreatif. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui pengembangan model pembelajaran CIRC dengan metode mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.; (2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh penerapan model pembelajaran CIRC dengan metode mind mapping; (3) mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa antara yang memperoleh penerapan model pembelajaran CIRC dengan metode mind mapping dengan yang memperoleh penerapan model pembelajaran CIRC; (4) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran CIRC dengan metode mind mapping. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah. Pada penelitian ini, peneliti membatasinya menjadi 6 langkah karena keterbatasan waktu, biaya dan kemampuan. Maka, langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi: 1) Analisis kebutuhan, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan produk awal, 4) Validasi produk, 5) Revisi produk, 6) Uji lapangan produk utama. Subjek penelitian terdiri dari ahli desain pembelajaran dan ahli materi pelajaran matematika sebagai validator produk pengembangan dan siswa kelas VIII A yang terdiri dari 25 siswa dan VIII B yang terdiri dari 25 siswa MTs Puteri PUI Talaga sebagai sampel uji coba produk utama yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi produk, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran CIRC dengan metode mind mapping termasuk kedalam kriteria valid dan layak diuji cobakan berdasarkan hasil validasi produk. (2) terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen yang memperoleh penerapan model pembelajaran CIRC dengan metode mind mapping sebesar 0,88 (kriteria tinggi). (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran CIRC dengan metode mind mapping dengan penerapan model pembelajaran CIRC untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa yang ditunjukkan dengan hasil uji t’ yaitu nilai signifikansi (2-tailed) pada Equal Variance not Assumed sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (<0,05). (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran CIRC dengan metode mind mapping sebesar 79% (sangat baik) artinya respon siswa positif (menerima).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Model pembelajaran CIRC, Metode mind mapping, Pemahaman konsep matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:42
Last Modified: 23 Dec 2022 04:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8972

Actions (login required)

View Item View Item