Mujiyah, (2022) UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA PADA MASA PANDEMIC DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA ABAD 21. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Guru memiliki peran penting dalam pembelajaran selama di kelas. Guru menempatkan peran dan tugasnya secara profesional sesuai kompetensi pedagogiknya. Kompetensi ini meliputi; mengelola, merancanakan dan melaksanakan, mengembangkan peserta didik, serta mengevaluasi hasil belajar. Sebagai pendidik meski dapat digugu dan ditiru. Digugu ilmu pengetahuannya, dan ditiru akhlak/perilakunya. Guru juga berperan penting dalam pembentukan dan penguatan karakter siswa di abad 21. Pendidikan karakter di era global mulai memudar, sehingga pendidikan karakter sangat dibutuhkan siswa, seperti kejujuran, nilai adil, nilai tanggung jawab, cinta kebenaran dan keteladanan. Karakter sebagai nilai-nilai dasar yang membangun pribadi seseorang, terbentuk baik karena pengaruh hereditas maupun pengaruh lingkungan , yang membedakannya dengan orang lain, serta diwujudkan dalam sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Karakter seseorang tumbuh sejak lahirnya diri mereka. Karakter ini menuntut seorang pendidik agar menjadi teladan dan contoh yang baik bagi peserta didiknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengambil sampel pada tiga sekolah SMP/MTs Swasta di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes yaitu MTs Al-Ikhlas Losari, SMP Islam Losari, dan SMP Yanbu’ul Ulum Losari. Hasil pada penelitian ini dapat dikatakan baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogiknya, guru mengikuti seminar atau workshop, diskusi antar guru matematika, mengikuti MGMP Matematika Kabupaten Brebes, dan mencari atau mempelajari sumber-sumber lain seperti jurnal atau artikel. Penguatan karakter integritas yang dilakukan pada tiga sekolah yang diteliti dapat dikatakan baik dengan rata-rata presentase 74%, nilai jujur 57%, nilai tanggung jawab 76%, nilai adil 68%, cinta kebenaran 69%, serta keteladanan 100%. Media pembelajaran online yang digunakan guru matematika adalah whatsapp grup dan youtube. Media yang digunakan bisa dikatakan baik. Peran guru matematika dalam pembelajaran daring dikatakan baik dengan melihat hasil validasi dan hasil wawancara. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa upaya/partisipasi guru matematika dalam pembelajaran daring/online pada masa pandemic bisa dikatakan baik. Kendati demikian, perlu adanya pengembangan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi pedagogik guru, karakter integritas |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 06:09 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 06:09 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8977 |
Actions (login required)
View Item |