Melly Melani Rahmadhani, (2022) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING MELALUI WHATSAPP GROUP PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DAWUAN MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (944kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah mengevaluasi program pembelajaran matematika secara daring melalui whatsapp group pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Dawuan Majalengka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui context, input, process, dan product program pembelajaran matematika secara daring melalui whatsapp group pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Dawuan Majalengka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi program dengan pendekatan campuran bersifat deskriptif. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 32 orang siswa kelas VIII di SMPN 1 Dawuan. Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembelajaran matematika secara daring melalui whatsapp group pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Dawuan Majalengka meliputi 4 tahap yaitu: 1) Context. Kondisi lingkungan pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring melalui whatsapp group berada di pedesaan yang terpencil. Program pembelajaran matematika secara daring melalui whatsapp group pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Dawuan dilatarbelakangi oleh kemunculan virus covid-19 yang bertujuan untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19 namun proses pembelajaran masih dapat berlangsung meskipun tanpa tatap muka langsung. 2) Input. Pada tahap input memperoleh kesiapan pendidik dengan skor 90% dalam kategori baik. Kesiapan belajar peserta didik memperoleh skor 41% dalam kategori tinggi, 53% dalam kategori sedang dan 6% dalam kategori rendah. Serta sarana dan prasarana untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika secara daring melalui whatsapp group sudah cukup memadai. 3) Process. Proses pelaksanaan program pembelajaran matematika secara daring melalui whatsapp group pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Dawuan terdiri dari 3 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Ketiga tahap tersebut sesuai dengan RPP yang telah dibuat. 4) Product. Hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII pada program pembelajaran matematika secara daring melalui whatsapp group dalam kategori sangat baik dengan persentase ketuntasan 100%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Program, Pembelajaran Matematika Secara Daring, CIPP |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 07:00 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 07:00 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8995 |
Actions (login required)
View Item |