PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL HUDA BERINGIN KECAMATAN PANGENAN KABUPATEN CIREBON

Lova Komalasari, (2022) PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL HUDA BERINGIN KECAMATAN PANGENAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kesadaran peserta didik dalam kedisiplinan belajar pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadist di MTs Nurul Huda Beringin Kabupaten Cirebon. Hal ini dikarenakan masih banyak peserta didik yang terlambat masuk sekolah, jarang mengerjakan tugas, tidak fokus, dan bergurau dengan teman saat guru menjelaskan materi pembelajaran. Pembiasaan membaca Al-Quran merupakan perbuatan yang dilakukan secara terus menerus oleh seseorang dan menjadi kebiasaan dalam melakukannya, sehingga sulit untuk ditinggalkan. Kedisiplinan belajar adalah kepatuhan peserta didik dalam melaksanakan kewajiban belajarnya sesuai dengan tata tertib yang berlaku di sekolah maupun di luar sekolah yang mana dilakukan secara sadar sehingga memperoleh perubahan pada dirinya, baik berupa pengetahuan, perbuatan maupun sikap baik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur‟an di MTs Nurul Huda Kabupaten Cirebon, mengetahui kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis di MTs Nurul Huda Beringin Kabupaten Cirebon, mengetahui faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan belajar peserta didik di MTs Nurul Huda Kabupaten Cirebon, mengetahui hubungan pembiasaan membaca Al-Qur‟an dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis di MTs Nurul Huda Kabupaten Cirebon. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah penelitiannya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian di analisis melalui reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan membaca Al-Qur‟an dapat meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis. Pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur‟an melalui tiga tahapan yaitu: waktu pelaksanaan, proses pelaksanaan dan tujuan pelaksanaan membaca Al-Qur‟an. Kedisiplinan belajar pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis di MTs Nurul Huda Beringin sudah cukup baik. Faktor pendukung kedisiplinan belajar yaitu kesadaran diri, teladan, latihan berdisiplin, minat dan motivasi. Sedangkan faktor penghambat yaitu pembawaan dan lingkungan. Hubungannya yaitu meningkatnya kedisiplinan belajar peserta didik, seperti disiplin waktu, disiplin perbuatan, meningkatnya kesadaran disiplin peserta didik, dan terbiasa dalam membaca Al-Qur‟an.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Membaca Al-Qur'an, Kedisiplinan Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:37
Last Modified: 06 Jan 2023 01:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9157

Actions (login required)

View Item View Item