UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI SOSIAL DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLONG MENOLONG MELALUI PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VI DI MI SALAFIYAH KOTA CIREBON

Husnul Khotimah, (2022) UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI SOSIAL DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLONG MENOLONG MELALUI PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VI DI MI SALAFIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah yang berkaitan dengan nilai-nilai sosial siswa yang kurang tepat khususnya sikap tolong menolong, saling menghormati dan sopan santun. Permasalahan-permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan perbaikan perilaku dengan penanaman nilai�nilai sosial melalui lembaga seperti sekolah yang dilakukan melalui proses pembelajaran. Nilai-nilai sosial merupakan nilai yang dianut dan terkait dengan norma atau aturan bermasyarakat dan berhubungan dalam kehidupan dengan orang lain. Penanaman nilai sosial di sekolah tang dilakukan yaitu melalui proses pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS siswa kelas VI. 2) mengetahui upaya penanaman nilai-nilai sosial dalam membangun sikap tolong menolong melalui pembelajaran IPS siswa kelas VI. 3) Mengetahui hasil penanaman nilai-nilai sosial dalam membangun sikap tolong menolong melalui pembelajaran IPS siswa kelas VI. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden penelitian adalah guru IPS, wali kelas VI dan siswa yang dipilih mengguunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) melakukan apersepsi setiap awal pembelajaran, media pembelajaran yang digunakan beragam dan evaluasi tes isian singkat dengan waktu terbatas sehingga meminimalisir siswa untuk mencontek yang dilaksanakan setiap akhir pembelajaran. 2) penanaman nilai�nilai sosial dengan cara metode pembelajaran diskusi interaktif, ceramah dan unsur-unsur nasehat tentang nilai-nilai sosial disela-sela pembelajaran. Adapun nilai sosial yang ditanamkan yaitu kepedulian, tolong menolong dan kerjasama. 3) hasil penanaman nilai sosial dalam membangun sikap tolong menolong sudah cukup baik, guru terlihat sudah berhasil menanamkan nilai sosial. Adapun sikap membantu siswa tidak hanya di sekolah namun juga dirumah membantu orang tua dan saudara.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Nilai Sosial, Sikap tolong menolong, Pembelajaran IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:21
Last Modified: 13 Jan 2023 01:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9255

Actions (login required)

View Item View Item