Feri Asikin, (2022) Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (761kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (280kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat belajar siswa dalam pembelajaran IPS, Dalam proses belajar mengajar siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, mencatat materi, membaca materi di buku pelajaran atau di papan tulis. Sehingga pada proses pembelajaran siswa merasa jenuh dan bosan diperlukan metode pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami dan mengingat materi, metode yang menarik, efektif dan menyenangkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. Metode Mind Map memungkinkan peserta didik untuk membuat catatan tidak hanya dengan tulisan, melainkan dapat menggunakan gambar, warna, simbol, garis yang dapat meningkatkan kreativitas dan catatan yang dibuat siswa akan lebih menarik dan lebih singkat untuk dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping di kelas V MI Madinatunnajah Kota Cirebon (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping di MI Madinatunnajah Kota Cirebon (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, desain dalam penelitian ini yaitu Pre�Experimental Design dengan jenis One Group Pretest Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh jumlah siswa kelas V MI Madinatunnajah Kota Cirebon yang berjumlah 21 siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis, serta uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dengan hasil rata-rata posttest sebesar 77,61 lebih tinggi dari hasil rata-rata pretest sebesar 44,76. Adapun penerapan metode mind mapping dilihat dari observasi guru, menunjukan bahwa 100% guru menerapkan langkah-langkah metode pembelajaran mind mapping dan observasi siswa menunjukkan nilai sebesar 92% siswa aktif dalam pembelajaran. Kemudian untuk hasil uji t yaitu Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. pada uji N-Gain peningkatan rata-rata indeks dari pretes ke posttest sebesar 0,6 dengan kategori sedang, yang berarti bahwa peningkatan hasil tes dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping tergolong sedang atau baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 00:58 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 00:58 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9266 |
Actions (login required)
View Item |