Khaerun Nida Amini, (2022) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MI PUI CILIMUS KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (273kB) | Preview |
Abstract
Sebelum menggunakan metode Ummi, siswa tidak memiliki target dalam menghafal Al-Qur’an sehingga siswa kurang disiplin dalam menghafal Al-Qur’an. Terdapat siswa yang kurang disiplin dalam pembelajaran di kelas contohnya siswa berbuat gaduh dan izin ke kamar mandi berulang kali. Selain itu, terdapat siswa yang kurang disiplin mengerjakan tugas. Hal tersebut menyebabkan siswa cenderung menjadi sosok yang kurang disiplin dalam menghafal Al-Qur’an dan mengikuti rangkaian pembelajaran Al-Qur’an selama di sekolah. Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan proses implementasi metode Ummi. (2) Mendeskripsikan karakter disiplin siswa. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan metode Ummi dalam membentuk karakter disiplin siswa. Metode Ummi yaitu metode pembelajaran Al-Qur’an yang dilakukan secara tartil (perlahan) dan menggunakan pendekatan bahasa ibu. Maksud dari pendekatan bahasa ibu yaitu langsung (tidak banyak penjelasan), repetition (diulang-ulang), dan kasih sayang yang tulus (mendidik seperti kasih sayang ibu). Sedangkan karakter disiplin yaitu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh terhadap berbagai ketentuan dan peraturan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi nonpartisipan, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu koordinator guru Al-Qur’an, guru Al-Qur’an, siswa kelas IV, dan kepala MI PUI Cilimus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verification, dan hasil observasi dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini adalah: (1) Proses implementasi metode Ummi yang dalam penelitian ini dibatasi pada tahfidz Al-Qur’an melalui 7 tahapan pembelajaran yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, keterampilan, evaluasi, dan penutup. (2) Karakter disiplin siswa dari 10 item indikator menaati tata tertib, disiplin di kelas, disiplin menepati jadwal belajar, dan belajar secara teratur terdapat 7 item pernyataan yang menunjukkan hasil tertinggi 100%. Dengan demikian, siswa memiliki karakter disiplin dengan kategori sangat efektif dalam pembentukan karakter disiplinnya. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan metode Ummi dalam membentuk karakter disiplin siswa yaitu faktor pendukung: classroom management, lembaga, dan teladan guru sedangkan faktor penghambat: karakter siswa dan dorongan orang tua.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Ummi, Tahfidz Al-Qur’an, Karakter Disiplin |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 02:10 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 02:10 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9284 |
Actions (login required)
View Item |