Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajara IPS Materi Sumber daya Alam dan Manfaatnya di Kelas IV MI Salafiyah Kota Cirebon

Nur Izzati Mahda, (2022) Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajara IPS Materi Sumber daya Alam dan Manfaatnya di Kelas IV MI Salafiyah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang masalah dalam penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar siswa kelas IV memiliki hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran IPS. Banyak siswa kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian di kelas IV MI Salafiyah kota Cirebon tahun pelajaran 2021/2022 dari keseluruhan siswa kelas IV sebanyak 25 siswa, terlihat sebanyak 15 siswa yang hasil belajarnya belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), atau dengan kata lain siswa yang nilainya kurang dari 75 lebih banyak dibandingkan dengan siswa yang nilainya diatas 75. Media pembelajaran adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan pesan atau informasi dari guru kepada siswa. Roda putar adalah suatu alat yang berbentuk bundar yang bisa bergerak dan dapat berputar-putar atau berkeliling yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil belajar siswa adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Penelitian ini berujuan: 1) untuk mendeskripsikan data hasil belajar siswa dengan menggunakan media roda putar pada pelajara IPS di kelas IV 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam dan manfaatnya setelah belajar menggunakan media roda putar 3) mendeskripsikan tentang pengaruhnya media roda putar dan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan segala perhitungannya adalah angka. Instrumen yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas IV MI Salafiyah Kota Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian di MI Salafiyah Kota Cirebon tentang pengaruh penggunaan media roda putar terhadap hasil belajar siswa kelas 4 dengan hasil uji t ditemukan bahwa Thitung > Ttabel (0,000<0,05) maka menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara hasil pretest dengan hasil posttes dengan interval menunjukan lemah, diatas diketahui R sebesar 0,332. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 1,11 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh media roda puatr terhadap terhadap hasil belajar adalah sebesar 11%, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Sumber Daya Alam dan Manfaatnya di Kelas IV.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Roda Putar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:49
Last Modified: 17 Jan 2023 01:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9301

Actions (login required)

View Item View Item