Pengaruh Manajemen Kelas Dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon

Endang Wahyuni, (2022) Pengaruh Manajemen Kelas Dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh manajemen kelas dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar Matemtika. Permasalahannya yaitu Manajemen kelas khusus nya dalam pembelajaran matematika yang cenderung pembelajarannya yang sangat monoton sehingga peserta didik lebih pasif. Selain itu ada beberapa siswa yang masih suka terlambat masuk ke kelas, tidak memperhatikan guru, berlum berani untuk berpendapat, dan metode guru yang diberikan kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh manajemen kelas dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Hidayah GUPPI. Dan sejauh mana dampak pengaruh manajemen kelas dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika di kelas IV MI Al�Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Pendekatan ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode Eksperimen dengan desain penelitian ex-post facto, dimana adanya perlakuan dari variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Instrument yang digunakan berupa angket, tes dan dokumentasi. Hasil dari pengolahan angket manajemen kelas dan keaktifan belajar yang dibagikan kepada responden. Adapun hasil responden dari manajemen kelas sebesar 83% hasil ini masuk kedalam kategori sangat baik. Dan hasil dari responden keaktifan belajar sebesar 79% hasil ini masuk kategori baik. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda diperoleh nilai signifikansi manajemen kelas X1 terhadap Y sebesar 0,003 < 0,05 , nilai signifikansi keaktifan belajar X2 terhadap Y sebesar 0,001 < 0,005. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang cukup manajemen kelas dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebn dengan kategori cukup.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Keaktifan Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:12
Last Modified: 18 Jan 2023 01:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9318

Actions (login required)

View Item View Item