Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa kelas III MI Negeri Kota Cirebon

Nurlatifatur Rohmah, (2022) Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa kelas III MI Negeri Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Guru dalam pembelajaran menggunakan ceramah satu arah dan Tanya jawab, siswapun cenderung pasif karena siswa banya mendengarkan penjelasan guru kemudian mencatat, siswa jarang sekali diberikan pembelajaran melalu metode bercerita ketika diberikan tugas bercerita siswa hanya mampu mengandalkan cerita yang mereka alami dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dibutuhkan media untuk mebuat siswa lebih aktif dan mudah bererita walaupun cerita tersebut tidak dengan kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan bercerita pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III di MI Negeri Kota Cirebon. (2) mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas III MI Negeri Kota Cirebon dalam bercerita ketika mengikuti pembelajaran bercerita menggunakan media pop-up book. (3) mengetahui pengaruh media pop-up book terhadap keterampilan bercerita siswa kelas III MI Negeri Kota Cirebon. Media Pop Up Book merupakan salah satu media pembelajaran yang sedemikian rupa dirancang guru untuk menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran dan menyerap pelajaran semaksimal mungkin, Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan test lisan. Penelitian ini populasinya adalah semua siswa kelas III, yang terbagi dalam dua kelas III A berjumlah 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas II B berjumlah 20 orang sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogen, uji hipotesis, uji linear, uji regresi sederhana, determinasi dan uji N-Gain, Instrument yang digunakan adalah instrument tes lisan keterampilan bercerita dan angket media pop-up book telah diuji validitas dan realibilitasnya oleh ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil keterampilan bercerita kelas III A yang diajarkan menggunakan media pop up book lebih baik dari pada tanpa menggunakan media pop up book di MI Negeri Kota Cirebon. Hal tersebut dibuktikan pada hasil pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-Test dan di peroleh pada taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa nilai probalitas (signifikansi) pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,215. Karena nilai signifikansi 0,215 > 0,05 (a = 0,05) maka Ho diterima. Pada hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,003. Karena nilai signifikansi 0,003 < 0,05 (a = 0,05) maka Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dikelas III MI Negeri Kota Cirebon terdapat pengaruh penggunaan media pop up book terhadap keterampilan bercerita siswa kelas III MI Negeri Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Pop Up Book, Keterampilan Bercerita
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:22
Last Modified: 18 Jan 2023 01:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9320

Actions (login required)

View Item View Item