Siti Khusnul Khotimah, (2022) PENGARUH METODE SILABA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 MI SALAFIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
Dari hasil observasi yang telah dilakukan di MI Salafiyah Kota Cirebon, diketahui bahwa dijumpai berbagai masalah salah satunya rendahnya kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 MI Salafiyah Kota Cirebon. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metde silaba atau metode suku kata. Metode silaba merupakan metode suku kata yang menyajikan kata menjadi suku kata lalu merangkai suku kata menjadi kata dengan tujuan siswa yang belum mampu membaca kata dapat membaca kata. Keunggulan metode silaba dibandingkan menggunakan metode membaca yang lain adalah metode silaba akan mempermudah anak yang mengalami kesulitan dalam membaca untuk mempelajari korelasi huruf yang tertulis dengan bunyi nya serta pengenalan kata yang tepat. (Kumara, 2015) Tujuan penelitian ini untuk 1) memperoleh data penerapan metode silaba siswa kelas 1 MI Salafiyah Kota Cirebon 2) memperoleh data kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 MI Salafiyah Kota Cirebon 3) memperoleh data seberapa besar pengaruh metode silaba terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 MI Salafiyah Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen, dengan design Pre-Exsperimental Design jenis One Grup Pretest Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes keterampilan membaca. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh jumlah siswa kelas 1 MI Salafiyah Kota Cirebon yang berjumlah 33. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain, dan uji hipotesis. Hasil tes menunjukan peningkatan dalam kemampuan membaca permulaan dengan hasil rata-rata posttest sebesar 83,45 lebih tinggi dari hasil pretest yang hanya 55,18. Nilai signifikan 0,000 < probabilitas 0,05. Kemudian nilai t hitung > t tabel yakni sebesar 17,355 > 2, 036, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode silaba terhadap kemampuan membaca permulaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode silaba memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 MI Salafiyah Kota Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Silaba, Membaca Permulaan |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 01:42 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 01:42 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9338 |
Actions (login required)
View Item |