PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS III DI MI PUI TULUNGAGUNG KECAMATAN KERTASEMAYA KABUPATEN INDRAMAYU

Nida Hanifah, (2022) PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS III DI MI PUI TULUNGAGUNG KECAMATAN KERTASEMAYA KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan masih rendahnya sikap disiplin belajar siswa kelas III MI PUI Tulungagung. Rendahnya kedisiplinan belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu salah satunya pendampingan yang orang tua berikan kepada anak masih kurang maksimal. Untuk menganalisis permasalahan diatas peneliti menggunakan beberapa teori para ahli yaitu diantaranya variabel X tentang pendampingan orang tua akan mengacu kepada teori Kartini Kartono. Sedangkan untuk menganalisis permasalahan variabel Y tentang kedisiplinan belajar akan mengacu kepada teori Daryanto. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan pendampingan orang tua siswa kelas III di MI PUI Tulungagung (2) mendeskripsikan kedisiplinan belajar siswa kelas III di MI PUI Tulungagung (3) mengetahui seberapa besar pengaruh pendampingan orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas III di MI PUI Tulungagung. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Expost Facto .Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI PUI Tulungagung sedangkan untuk pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang berjumlah 21 siswa. Data yang diolah diperoleh dengan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linearitas.Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji persamaan regresi linear sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh informasi bahwa pendampingan orang tua siswa dengan menggunakan angket memperoleh nilai presentasi sebesar 74% dengan kategori baik.Sedangkan untuk kedisiplinan belajar dengan angket memperoleh nilai presentasi 75% dengan kategori baik. Adapun hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendampingan orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas III MI PUI Tulungagung dengan nilai presentasi sebesar41,5% dengan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Orang Tua, Kedisiplinan Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:00
Last Modified: 20 Jan 2023 02:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9341

Actions (login required)

View Item View Item