PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR PADA KELAS V MI HIDAYATUS SHIBYAN

Nurrofiqoh, (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR PADA KELAS V MI HIDAYATUS SHIBYAN. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah kegiatan yang memiliki maksud atau tujuan tertentu. Dalam pendidikan dibutuhkannya sebuah interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam menyampaikan bahan ajar. Adapun dalam berinteraksi ini diperlukannya pembelajaran yang inovatif dengan strategi, model, dan media yang beragam. Namun masih sering ditemui pembelajaran dengan model pembelajaran ceramah dan penugasan, serta tanpa menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan media animasi pada pelajaran IPA materi Siklus Air di kelas V MI Hidayatus Shibyan. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPA materi Siklus Air di MI Hidayatus Shibyan. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Siklus Air di kelas V MI Hidayatus Shibyan. Media animasi adalah media audiovisual yang menampilkan gambar yang bisa bergerak disertai dengan suara sehingga dapat menghadirkan sesuatu yang bersifat abstrak menjadi nyata. Hasil belajar adalah suatu hasil berupa kemampuan�kemampuan yang diperoleh peserta didik setelah melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design dan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara observasi, angket, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penggunaan media animasi yakni dengan penggunaan media animasi berupa video dalam pembelajaran guna memancing pengetahuan dan daya kritis sisiwa. Adapun berdasarkan observasi guru didapat hasil 89%, observasi siswa dengan aspek memperhatikan guru mendapat hasil 72%, aspek siswa ikut dalam proses pemecahan masalah medapat hasil 65%, aspek siswa bertanya mendapat nilai 58%, aspek siswa menggali informasi mendapat hasil 62% , dan aspek memecahkan masalah mendapat hasil 60%. Serta angket respon siswa terhadap penggunaan media animasi dihasilkan nilai porsentase 88% dengan arti berkriteria sangat baik. (2) Hasil belajar siswa setelah penerapan media animasi didapat hasil nilai pretest kelas eksperimen sebesar 1.030 dan jumlah nilai postest sebesar 1.355. Sedangkan kelas kontrol mendapat jumlah nilai hasil pretest sebesar 1.115 dan jumlah nilai postest kelas kontrol adalah 1.090. Sehingga diadakannya uji Mann Whiytney dan mendapat hasil 0,43 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberi perlakuan. (3) Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar IPA dilihat dari uji regresi linearitas yang mendapatkan sig 0,042 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA materi siklus air pada kelas V MI Hidayatus Shibyan. Dan besarnya pengaruh tersebut sebanyak 21% dan 71% hasil belajar dipengaruhi faktor lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan media animasi, Hasil belajar siswa kelas V
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:08
Last Modified: 20 Jan 2023 02:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9343

Actions (login required)

View Item View Item