PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS II MI DARUL HIKMAH FULL DAY SCHOOL KOTA CIREBON

Tanti Trisnawati, (2022) PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS II MI DARUL HIKMAH FULL DAY SCHOOL KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting bagi manusia. Dengan adanya pendidikan akan membuat suatu perubahan pada diri individu kearah yang lebih baik. Seorang guru merupakan teladanan yang tindak tanduknya akan selalu dicontoh dan akan ditiru oleh peserta didiknya. Keteladanan dalam pendidikan merupakan metode yang paling efektif dan efesien dalam mempersiapkan dan membentuk anak secara moral, spiritual dan sosial. Keteladanan adalah suatu perbuatan baik seseorang yang ditiru atau diikuti oleh orang lain. Keteladanan guru merupakan perbuatan atau tingkah laku dan tutur kata yang baik seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, yang kemudian dapat dijadikan contoh dan diterapkan dilingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari oleh siswa Kata disiplin sangat mudah untuk diucapkan, akan tetapi sulit untuk melaksanakannya. Kedisiplinan dapat diartikan sebagai kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Sikap disiplin penting dan harus dimiliki oleh setiap siswa, karena dengan disiplin dapat membantu siswa dalam proses pembentukan sikap dan perilaku siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Keteladanan Guru di MI Darul Hikmah Full Day School, (2) Kedisiplinan siswa kelas II MI Darul Hikmah Full Day School, (3) Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas II MI Darul Hikmah Full Day School. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif, dengan desain ekpost fakto. Teknik pengumpulan data berupa Angket, observasi, dan dokumentasi. Sampel yang diambil adalah siswa kelas II yang berjumlah 39 orang. Adapun hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus hipotesis dengan bantuan SPSS.V.16. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu Keteladanan Guru (X) dan Kedisiplinan Siswa (Y). Berdasarkan hasil penelitian tentang keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa dapat disimpulkan bahwa: (1). Berdasarkan data yang diperoleh dari 39 responden keteladanan guru tergolong kategori sangat tinggi dengan presentase 91%, Keteladanan guru dari hasil observasi diperoleh sebesar 90% dengan ketegori sangat baik. (2). Kedisiplinan siswa tergolong kategori sangat tinggi dengan presentase 87%. (3). Terdapat pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa dengan uji t nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas (Keteladanan Guru) terhadap variabel terikat (Kedisiplinan Siswa) memiliki pengaruh positif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Keteladanan Guru, Kedisiplinan Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:12
Last Modified: 20 Jan 2023 02:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9344

Actions (login required)

View Item View Item