Alvy Salmia Putri, (2022) Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Arab Di Kelas V MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (592kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses kegiatan belajar mengajar strategi pembelajaran mempunyai peranan penting. Untuk memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran khususnya dalam keterampilan membaca pemahaman. Kemampuan membaca pemahaman merupakan bekal dan kunci keberhasilan seseorang siswa dalam menjalani proses pendidikan. Sebagian besar pemerolehan ilmu dilakukan siswa melalui aktivitas membaca. Untuk itu, diperlukan guru yang mampu menghandel pembelajaran dengan baik serta mampu menentukan strategi yang tepat sesuai dengan keadaan dan kondisi siswa. Penelitian ini juga penting sedikit nya untuk menjadi referensi bagi para guru dalam menghadapi permasalahan dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mengetahui bagaimana strategi Guru Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Arab Di Kelas V MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. 2). Mengetahui bagaimana keterampilan membaca pemahaman teks arab dikelas V MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. 3). Mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru bahasa arab dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks arab dikelas V MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, karena berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Proses keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Strategi guru bahasa arab dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks arab di kelas V yaitu sebagai berikut : 1. Membaca teks bacaan, 2. Menterjemahkan teks, 3. Meriview hasil terjemahan, 4, Menjawab soal, 5. Berbagi Jawaban. 2). Keterampilan membaca pemahaman teks arab di kelas V MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon sudah cukup baik dengan memperoleh nilai rata-rata sudah memenuhi KKM. 3). Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks arab. Faktor pendukungnya yaitu adanya kegiatan membaca Al-Qur’an setiap hari senin sampai kamis yang dilaksanakan sehabis KBM, kegiatan mengaji dirumah bersama guru ngajinya, perputakaan, dan teman sebaya. Faktor penghambatnya yaitu lingkungan keluarga (orang tua) yang memang kurang memahami materi bahasa arab sehingga kesulitan dalam membantu anaknya, kecenderungan siswa bermain gadget dan prasarana perpustakaan yang belum memadai.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Keterampilan Membaca Pemahaman. Teks Arab |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 02:27 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 02:27 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9347 |
Actions (login required)
View Item |