Implementasi Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Spiritual Peserta Didik Kelas 1 Salman Mi Hidayatus Shibyan

Nur Amalliyah, (2022) Implementasi Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Spiritual Peserta Didik Kelas 1 Salman Mi Hidayatus Shibyan. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di MI Hidayatus Shibyan, tidak semua peserta didik mampu menampilkan pribadi yang berakhlak mulia ketika beradaptasi langsung dengan lingkungan setempat dan masyarakat luas. Bimbingan dari kedua oarang tua mempunyai peranan penting dalam segala hal, terlebih dalam menumbuhkan nilai-nilai spiritual peserta didik. Peserta didik yang telah mendapatkan bimbingan atau perhatian dari orang tua akan lebih giat dalam penerapan nilai-nilai spiritual untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, tujuan dari peneliti ini adalah 1) Mengetahui proses pembelajaran akidah akhlak di kelas 1 Salman MI Hidayatus Sibyan 2) Mengetahui relevansi mata pelajaran akidah akhlak dengan nilai-nilai spiritual kelas 1 MI 3) Mengetahui faktor penghambat dan pendorong pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran akidah akhlak dalam menumbuhkan nilai-nilai spritual di kelas 1 Salman MI Hidayatus Shibyan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipatif dan wawancara, dengan subjek penelitian peserta didik kelas 1 di MI Hidayatus Shibyan. Berdasarkan pengelolahan hasil penelitian disimpulkan bahwa : 1) Dalam proses penelitian ini menggunakan observasi kepada guru kelas. Hasil obsservasi telah menunjukan bahwa pembelajaran akidah akhlak dapat berjalan dengan baik, karena dari 10 aspek terdapat 8 aspek yang telah terealisasi dalam proses pembelajaran akidah akhlak di kelas 1. Dengan kegiatan pembiasaan, memberikan stimulus untuk menghafal, memberikan motivasi dan apresiasi kepada peserta didik kelas 1 salman di MI Hidayatus Sibyan menjadi lebih mudah dalam hal menghafal dan memahami materi yang telah disampaikan 2). Nilai-nilai spiritual yang dikuasai oleh peserta didik tidak hanya diterapkannya di sekolah, akan tetapi di luar sekolah peserta didik mampu mengaplikaskannya dengan baik 3). Dari faktor penghambat yang terjadi di kelas 1 salman adanya program yang diadakan sekolah untuk peserta didik kelas 1, yaitu les privat setelah pulang sekolah, untuk peserta didik yang dilihat kurang memahami materi yang telah disampaikan. Kegiatan ini berlangsung selama 40 menit dan keberhasilan pembelajaran akidah akhlak dengan adanya guru kelas sangat berpengaruh bagi pemahaman peserta didik. Karena aktifitas seorang guru seringkali dijadikan contoh bagi peserta didik. Bagaimana cara guru berbicara, cara guru berpakaian itu sangat menjadi contoh bagi peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak, Nilai-nilai Spiritual
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:30
Last Modified: 20 Jan 2023 02:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9348

Actions (login required)

View Item View Item