PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN DIGITAL INFLUENCER TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON TAHUN 2021/2022

Muhammad Hasyim Rifqi, (2022) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN DIGITAL INFLUENCER TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON TAHUN 2021/2022. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1808204067_1_cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204067_2_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204067_6_bab5.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808204067_7_dafpus.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Literasi digital adalah kemampuan memilih dan menggunakan teknologi digital di mana dan kapan pun, dengan cara yang terarah. Literasi digital juga terkait dengan pemikiran kritis tentang peluang dan manfaat teknologi digital yang sering digunakan seperti jejaring sosial, dan aplikasi smartphone. Influencer digital tidak saja memberi sugesti atau pengaruh terhadap keadaan seseorang bisa juga merubah persepsi seseorang dalam melanjutkan masa depannya. Populasi wirausaha penting, karena merekalah yang mampu melihat peluang, mengembangkan, dan menciptakan bisnis baru. Alhasil tercipta lapangan kerja dan tumbuhnya perekonomian negara. Terlebih dizaman digital, nyaris tak ada kendala untuk memulai bisnis. Modalnya hanya kreatifitas dan keberanian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Untuk mengetahui bagaimana pengaruh Literasi Digital dan Digital Influencer secara bersaman terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa Ekonomi Syariah Iain Syekh Nurjati Cirebon Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan data yang akan diolah merupakan data rasio dan yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh antar variabel yang diteliti. dengan jumlah sampel 88 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu kuesioner atau angket, dan studi kepustakaan. Untuk membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji linier berganda, serta uji t (parsial) dan uji f (simultan) menggunakan SPSS versi 26 Hasil dari penelitian ini yaitu Literasi Digital berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Berwirausaha Dimana secara statistik nilai signifikan sebesar 0,041< 0,05 Artinya semakin tinggi literasi digital yang dimiliki semakin meningkatkan minat berwirausaha. Digital Influencer berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dimana secara statistik nilai signifikan sebesar 0,000 <0,05 Artinya semakin tinggi digital influencer yang dimiliki semakin meningkatkan minat berwirausaha. Berdasarkan uji simultan antara literasi digital dan digital influencer terhadap minat berwirausaha terdapat pengaruh yang signifikan dengan nilai signifikan 0,000 <0,05.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:21
Last Modified: 07 Feb 2023 01:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9521

Actions (login required)

View Item View Item