PENGARUH MARKETPLACE (TOKOPEDIA) DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DI ERA DIGITAL MAHASISWA EKONOMI SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Rio Mahendra, (2022) PENGARUH MARKETPLACE (TOKOPEDIA) DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DI ERA DIGITAL MAHASISWA EKONOMI SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (900kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Pesatnya pertumbuhan internet sendiri menunjukkan bahwa perubahan teknologi semakin mengarah pada penjualan melalui online (marketplace) disusul dengan gaya hidup mahasiswa yang meningkat. Artinya suatu produk masih layak digunakan, seseorang telah menggunakan produk lain dengan fungsi yang sama. Hal ini menjadi perhatian karena, apakah marketplace Tokopedia dan gaya hidup yang menjadi faktor meningkatnya perilaku konsumtif mahasiswa, untuk memecahkan faktor yang menjadi penyebab permasalahan tersebut maka maka peneliti melakukan penelitian dengan judul "Pengaruh Marketplace Tokopedia dan Gaya hidup di Era Digital terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon”. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan tersebut. Penelitian ini menggukan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 88 responden, sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling (sampel yang memiliki kriteria tertentu), kriteria sampel yang termasuk dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah angkatan tahun 2018, 2019, 2020 dan 2021. Untuk membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji linier berganda, serta uji t (parsial) dan uji f (simultan) menggunakan SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini yaitu secara parsial marketplace Tokopedia dan gaya hidup berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil uji parsial untuk variabel market place tokopedia diperoleh t = 2,058 dengan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,043 < 0,05. Kemudian hasil uji parsial untuk variabel gaya hidup diperoleh t = 7,298 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya, hasil dari pengujian simultan, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 27,014 > Ftabel 3,10 yang berarti terdapat pengaruh antara marketplace Tokopedia (X1) dan gaya hidup (X2) secara simultan atau bersamaan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa(Y).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Marketplace Tokopedia, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif Mahasiswa
Subjects: T Technology > Information Technology
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:43
Last Modified: 07 Feb 2023 02:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9533

Actions (login required)

View Item View Item