DAMPAK PASCA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 3 KABUPATEN CIREBON

Iim Imaroh, (2023) DAMPAK PASCA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 3 KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306065_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306065_2_bab1.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306065_6_bab5.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306065_7_dafpus.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Pada awal tahun 2022 pandemi Covid-19 mulai berangsur turun, dengan demikian kegiatan pembelajaran mulai dilakukan tatap muka. Dalam hal ini motivasi belajar siswa ini terbagi menjadi dua masa. Pertama ketika sedang pandemi, yaitu pembelajaran dilakukan secara daring membuat siswa merasa jenuh, bosan, malas, dan kurang disiplin. Kedua adalah pada saat keadaan pandemi Covid�19 telah reda maka siswa diharuskan belajar tatap muka, akibatnya adalah motivasi belajar siswa belum sepenuhnya dimiliki karena siswa masih terbawa suasana pembelajaran daring. Dalam hal ini seorang guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mengemas pembelajaran agar mampu menumbuhkan kembali semangat belajar pada siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mengetahui gambaran motivasi belajar pasca pandemi Covid-19 siswa di MAN 3 Kabupaten Cirebon: (2) mengetahui kondisi siswa MAN 3 Kabupaten Cirebon pasca pandemi Covid-19: (3) mengetahui dampak pasca pandemi Covid-19 pada siswa MAN 3 Kabupaten Cirebon. Kondisi pasca pandemi Covid-19 semakin membaik dengan demikian proses kegiatan belajar mengajar pasca pandemi Covid-19 sudah dilakukan tatap muka dan lebih efektif bagi guru dan siswa. Sementara itu muncul dampak terhadap motivasi belajar sisa pasca pandemi Covid-19. Terdapat dampak negatif yakni kurangnya semangat belajar atau rendahnya motivasi belajar siswa. Sementara itu dampak positifnya ialah siswa dan guru dapat mengetahui kecanggihan teknologi untuk belajar secara online, siswa lebih kreatif dalam memilih metode pembelajaran, dan juga sangat efektif waktu. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penentuan sampelnya menggunakan teknik pengumpulan purposive sampling, yang memiliki kriteria yakni 1 guru BK, 2 Wali kelas dan 3 Siswa. Pengumpulan data berfokus pada tiga metode yang digunakan diantaranya, observasi, wawancara dan dokumentasi serta dari referensi buku dan jurnal. Sementara itu teknik analisis data menggunakan 3 tahapan dari Miles dan Huberman diantaranya: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran motivasi belajar yang dimiliki siswa pasca pandemi Covid-19 sangatlah beragam. Akan tetapi berjalannya waktu motivasi belajar itu akan terus muncul pada diri siswa, karena pada saat pembelajaran dilakukan secara daring atau pun luring para pengajar bahkan guru BK tidak lepas memberikan dorongan motivasi belajar, sementara itu juga tujuan belajar yang di dapat akan maksimal. Pembelajaran pasca pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa menjadi hal yang sangat diperlukan untuk kembali menemukan kenyamanan dalam proses belajarnya. Hal ini juga menjadi sangat penting diperhatikan oleh instansi pendidikan sebagai peran utama guna pencapaian tujuan sekolah yakni keberhasilan peserta didik untuk terus semangat dalam kegiatan belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Dampak Pasca Pandemi Covid-19, Motivasi Belajar, Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:59
Last Modified: 10 Mar 2023 01:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10018

Actions (login required)

View Item View Item