PENGARUH SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII MTs NU ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

Rima Nurjannah, (2023) PENGARUH SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII MTs NU ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110037_1_cover.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110037_2_bab1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110037_6_bab5.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110037_7_dafpus.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan salah satu aspek dari keterampilan berbahasa, yang memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Membaca pemahaman bukan sekadar mengeja huruf dan tulisan, tetapi juga memahami apa yang dibaca. Tetapi pada kenyataannya, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami bacaan yang dibacanya, khususnya pada teks eksposisi. Salah satu faktor penyebab permasalahan tersebut adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi pada siswa kelas VIII MTs NU Astanajapura Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain korelasional, yaitu untuk mengetahui suatu hubungan variabel bebas (metode SQ3R) dengan variabel terikat (keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs NU Astanajapura Kabupaten Cirebon berjumlah 51 siswa. Adapun sampel yang digunakan yaitu 27 siswa dari kelas VIII A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes pilihan ganda. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keefektifan pembelajaran SQ3R dan tes pilihan ganda keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran SQ3R pada siswa kelas VIII A MTs NU Astanajapura tergolong sangat positif, dengan memperoleh persentase sebesar 92%, (2) keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi pada siswa kelas VIII A MTs NU Astanajapura memperoleh persentase rata-rata 83,21% yang berada pada rentang 80%–100% berada pada kategori sangat baik, dan (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:08
Last Modified: 01 Sep 2023 06:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11839

Actions (login required)

View Item View Item