Pengaruh Sistem Pembayaran Cash On Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee

AI TITA RESMIATI, (2023) Pengaruh Sistem Pembayaran Cash On Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203132_1_cover.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203132_2_bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203132_6_bab5.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203132_7_dafpus.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

AI TITA RESMIATI, 1908203132, “PENGARUH SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE (Studi kasus Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon)” Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat, baik di negara maju maupun negara berkembang seperti Indonesia. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang adalah internet. Internet saat ini semakin tersebar luas dan mudah diakses. Masyarakat Indonesia sendiri kini semakin pintar dan terbuka akan kemajuan teknologi. Penggunaan layanan internet dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang salah satunya bidang ekonomi. Masyarakat indonesia mulai terbuka dengan kegiatan berbelanja dan menjual sesuatu secara online, kemajuan teknologi dari internet tesebut mengakibatkan banyak perubahan gaya hidup konsumen. Perubahan yang dimaksud adalah konsumen mulai melakukan pergeseran cara berbelanja suatu produk. Konsumen sekarang lebih tertarik terhadap kegiatan shopping online. Terlebih dengan adanya aplikasi berbelanja online, berbagai macam barang dapat kita lihat dan bisa kita beli menggunakan internet. Namun Adapun permasalahan konsumen ketika melakukan pembelian online, konsumen selalu berfikir mengenai setiap resiko jika mereka membeli suatu produk secara online. Hal ini merupakan masalah yang senantiasa dihadapi konsumen dan menciptakan suatu kondisi yang tidak pasti misalnya ketika konsumen menentukan pembelian produk baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Sistem Pembayaran Cash On Delivery dan Online Customer review terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistika berupa uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis berupa uji t (parsial), uji f (simultan) dan uji koefisien determinasi (dimana semua proses pengujian tersebut menggunakan alat bantu berupa SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan antara sistem pembayaran cash on delivery terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig sebesar (0,002 < 0,05) dan t hitung lebih besar dari t tabel (3,158 > 1.985). Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Adanya pengaruh positif dan sig antara online customer review terhadap keputusan pembelian nilai sig sebesar (0,001 < 0,05) dan t hitung lebih besar dari t tabel (7.858 > 1.985). Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya secara simultan sistem pembayaran cash on delivery dan online customer review terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig sebesar (0,001 < 0,05) dan t hitung lebih besar dari t tabel (7.858 > 1.985). Maka kesimpulan yang diambil adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci: Keputusan pembelian, Marketplace Shopee, Online Customer Review, Sistem pembayaran Cash On Delivery

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:55
Last Modified: 12 Jan 2024 06:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/12389

Actions (login required)

View Item View Item