Andhini Apriliani, (2024) Efektivitas Manajemen Konflik Dalam Mengatasi Masalah Pada Bank BJB Syariah Cabang Cirebon. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008203082_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008203082_2_bab1.pdf Download (282kB) |
|
Text
2008203082_6_bab5.pdf Download (106kB) |
|
Text
2008203082_7_dafpus.pdf Download (194kB) |
Abstract
Konflik internal dalam lembaga keuangan, termasuk bank syariah, telah menjadi perhatian utama dalam literatur manajemen organisasi. Salah satu tantangan utama yang seringkali dihadapi oleh bank, termasuk Bank BJB Syariah Cabang Cirebon, adalah konflik internal. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari rumusan masalah yaitu untuk mengetahui bagaimana konflik internal muncul dan mempengaruhi kinerja, implementasi manajemen konflik, dan efektivitas manajemen konflik dalam menyelesaikan masalah di Bank BJB Syariah Cabang Cirebon. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer melalui wawancara dan data sekunder melalui studi kepustakaan (libabry research) dan dokumentasi, karena dapat menjadi rujukan untuk mencari literatur-literatur dalam mengumpulkan data mengenai efektivitas manajemen konflik dan hal-hal lain yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab timbulnya konflik pada Bank BJB Syariah Cabang Cirebon yaitu tujuan yang berbeda mengenai penyaluran pembiayaan, kesalahan komunikasi, dan perbedaan pendapat. Penerapan manajemen konflik di Bank BJB Syariah Cabang Cirebon dilakukan dengan menggunakan lima metode yaitu kompetisi (competing), kolaborasi (collaborating), penghindaran (avoiding), kompromi (compromising), dan akomodasi (accomoding). Bank BJB Syariah Cabang Cirebon telah berhasil mengimplementasikan manajemen konflik yang efektif, yang tidak hanya menghasilkan kesepakatan yang dapat diterima oleh semua pihak, tetapi juga menjalankan proses penyelesaian konflik dengan baik. Keberhasilan ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang harmonis di antara stakeholders, tetapi juga dapat memberikan dampak positif terhadap citra dan reputasi Bank BJB Syariah Cabang Cirebon. Kata Kunci: Efektivitas, Manajemen Konflik, Perbankan Syariah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:22 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 03:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13120 |
Actions (login required)
View Item |