Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di MTs Ma’had Al-Zaytun Indramayu.

Yana Sutiana, (2023) Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di MTs Ma’had Al-Zaytun Indramayu. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perencanaan manajemen kelas yang efektif, pelaksanaan manajemen kelas yang efektif, pengawasan manajemen kelas yang efektif, faktor pendukung dan pengjhambat manajemen kelas, solusi terhadap hambatan manajemen kelas yang efektif dalam meningkatkan kualitas belajar siswa dan strategi manajemen kelas yang efektif dalam meningkatkan kualitas belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitaian kualitatif dengan teknik pengumpulan data diawali observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan manajemen kelas dilakukan dengan mengatur fasilitas, pengaturan manajemen/pengelolaan pembelajaran dan pengaturan peserta didik. pelaksanaan manajemen kelas dilakukan dengan menjalin hubungan baik dengan warga sekolah, dengan menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan kelas yaitu prinsip kehangatan dan antusis, prinsip tantangan, prinsip bervariasi, prinsip keluwesan, prinsip penekanan hal positif dan prinsip peranan disiplin, pengawasan dilaksanakan secara berkelanjutan yang dilakukan oleh kepala sekolah juga dibantu oleh guru senior yang sudah ditunjuk dalam hal ini adalah tim supervisor, faktor pendukung dan penghambat manajemen kelas adalah lingkungan fisik, sosial kondisi emosional dan Organisasi, solusi terhadap hambatan menajemen kelas adalah menciptakan suasana atau kondisi kelas, menghentikan tingkah laku siswa yang menyimpang, menciptakan disiplin kelas dalam proses pembelajaran, dan menciptakan keharmonisan antar guru dengan siswa. Strategi manajemen kelas yang efektif dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Kata Kunci: Manajemen Kelas, Belajar, Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 May 2024 08:01
Last Modified: 15 May 2024 08:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13139

Actions (login required)

View Item View Item