Dampak Metode Belajar Student Team Achievement Division (Stad) Berbantuan Media Gambar Digital Terhadap PeningkatanHasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih

Aditya Firmansyah, (2024) Dampak Metode Belajar Student Team Achievement Division (Stad) Berbantuan Media Gambar Digital Terhadap PeningkatanHasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih. Masters thesis, KEMENAG RI.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi siswa jenuh dalam belajar karena guru hanya menggunakan metode pembelajaran yang monoton. Guru tidak menggunakan media gambar digital dalam belajar, sedangkan siswa sekarang hidup diera digital. Guru cenderung berfokus pada penguasaan materi dan mengabaikan metode pembelajaran yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan Penelitian ini untuk (1) mengetahui bagaimana pembelajaran fiqih di MTs Husnul Kotimah 2 Kuningan, (2) mengetahui penggunaan metode STAD berbantuan gambar digital pada pembelajaran fiqih di MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan, (3) mendeskripsikan dampak penggunaan metode STAD berbantuan gambar digital terhadap hasil belajar siswa, dan (4) menganalisis respon siswa terhadap penggunaan metode STAD berbantuan gambar digital di MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen. Pada penelitian ini kelas VIIA dan kelas VIIB dijadikan sampel, kelas VIIA yang dijadikan kelas eksperimen dan kelas VIIB yang akan dijadikan kelas kontrol. Hasil penelitian ini yaitu : (1) Pembelajaran Fiqih di MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan berpusat pada guru dan masih menggunakan metode ceramah. Hal ini menjadikan pembelajaran terasa monoton, siswa merasa bosan dan tidak antusias dalam proses pembelajaran. Pembelajaran fiqih menggunakan metode ceramah terdapat kategori skor nilai siswa sedang yaitu sebanyak 5 siswa (15%) dan yang termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 2 siswa (6%). Peningkatan rata-rata indek gain ternormalisasi dari pretes ke postes adalah sebesar 0,21 dengan kategori rendah. (2) Pembelajaran dengan metode STAD berbantu media gambar digital di MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan menggunakan penilaian pretest dan posttest menunjukkan siswa yang termasuk dalam kategori rendah sebanyak 3 siswa (9%), kategori sedang yaitu sebanyak 25 siswa (76%) dan yang termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 5 siswa (15%). Peningkatan rata-rata indek gain ternormalisasi dari pretes ke postes adalah sebesar 0,48 dengan kategori sedang (3) Dampak dalam penggunaan metode pembelajaran STAD Student Teams Achievement Division menggunakan media gambar digital terhadap hasil belajar siswa di MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan. Hal ini dibuktikan dengan nilai p�value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai thitung> ttabel yaitu 6,772 > 1.696. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran STAD menggunakan media gambar digital terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MTs Husnul Khotimah 2 Kuningan. (4) Respon siswa terhadap pembelajaran fiqih menggunakan metode Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media gambar digital menyenangkan sebanyak 26 siswa (78,8%), membantu pemahaman sebanyak 26 siswa (78 %), menambah cara berfikir kreatif sebanyak 25 siswa (75,8 %), membantu menyelsaikan permasalahan sehari-hari sebanyak 22 siswa (66,7%). Kata kunci: Dampak, metode STAD, Gambar digital

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:02
Last Modified: 25 Jun 2024 04:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13396

Actions (login required)

View Item View Item