PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, PERCEIVED USEFULNESS, FITUR LAYANAN DAN KEAMANAN SISTEM TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI BSI MOBILE

TRISA ANGGRAENI, (2024) PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, PERCEIVED USEFULNESS, FITUR LAYANAN DAN KEAMANAN SISTEM TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI BSI MOBILE. Bachelor thesis, S1-Akutansi Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
2008205036_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008205036_2_bab1.pdf

Download (437kB)
[img] Text
2008205036_6_bab5.pdf

Download (79kB)
[img] Text
2008205036_7_dafpus.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara kualitas sistem informasi akuntansi, perceived usefulness, fitur layanan, dan keamanan sistem terhadap kepuasan pengguna aplikasi BSI Mobile. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dan kemajuan layanan digital di bidang perbankan yaitu Mobile banking yang begitu pesat. Salah satu layanan perbankan syariah Mobile di Indonesia adalah aplikasi BSI Mobile milik Bank Syariah Indonesia, Bank Syariah Indonesia (BSI) menjadi bank syariah paling favorit nasabah di Indonesia. Namun menurut beberapa ulasan mengenai keamanan SIA (Sistem Informasi Akuntansi), persepsi manfaat, fitur layanan dan keamanan sistem aplikasi BSI Mobile di Playstore masih kurang bagus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan sumber data berasal dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang menggunakan aplikasi BSI Mobile dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini diantaranya analisis persamaan regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dan uji asumsi klasik dengan bantuan pengolahan data menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Soution (SPSS) Versi 26. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Kualitas Sistem Informasi Akuntansi dan Fitur Layanan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi BSI Mobile, sedangkan Perceived Usefulness dan Keamanan Sistem berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna BSI Mobile. Hasil uji simultan (Uji f) menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 52,303 > 2,47 Ftabel artinya Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Perceived Usefulness, Fitur Layanan dan Keamanan Sistem berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pengguna BSI Mobile. Hasil dari nilai koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,688 atau sama dengan 68,8% yang menunjukkan terdapat pengaruh yang simultan antara variabel Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Perceived Usefulness, Fitur Layanan, dan Keamanan Sistem terhadap variabel Kepuasan Pengguna sebesar 68,8% . Kata Kunci: Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Perceived Usefulness, Fitur Layanan, Keamanan Sistem, Kepuasan Pengguna Aplikasi BSI Mobile.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:17
Last Modified: 25 Jun 2024 06:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13416

Actions (login required)

View Item View Item